FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 10-2015

    1517

    Refarming 4G Rampung, Ponsel 4G Murah Datang

    Kategori Sorotan Media | Devy Kurnia

    Jakarta - Rencana pemerintah untuk menghadirkan akses internet broadband yang lebih cepat lewat 4G LTE di spektrum 1.800 MHz semakin mendekati kenyataan dengan hampir rampungnya penataan ulang dan refarming frekuensi.

    "Untuk refarming 4G di 1.800 MHz sekarang sudah 85%. Sudah 35 klaster dari total 42 klaster yang selesai," ungkap Menkominfo Rudiantara saat ditemui di sela Hackathon Merdeka 2.0 di Kaffeine, SCBD, Jakarta, Senin (19/10/2015).

    Sejauh ini, proses penataan ulang dan refarming telah memasuki Jawa Tengah, dan perlahan-lahan akan terus maju ke pusat area padat. Puncaknya, refarming ini akan masuk ke area Jabodetabek di pertengahan November nanti.

    "Sesuai target, akhir November nanti selesai. Saya juga punya berita bagus, November nanti juga akan ada smartphone 4G murah di bawah Rp 1 juta, tepatnya Rp 999 ribu. Saya akan datang juga ke peluncurannya," kata Rudiantara.

    ‎Seperti diketahui, proses penataan ulang frekuensi dan refarming di 1.800 MHz melibatkan empat operator seluler, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri).

    Nantinya, setelah penataan tersebut, keempat operator itu akan memiliki frekuensi yang berdampingan dimana Telkomsel menguasai 22,5 MHz, XL 22,5 MHz, Indosat 20 MHz, dan Tri ‎10 MHz.

    Sumber: http://inet.detik.com/read/2015/10/19/190943/3047917/328/refarming-4g-rampung-ponsel-4g-murah-datang

    Berita Terkait

    Palapa Ring rampung, Kominfo gencarkan literasi digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggalakkan literasi digital bagi masyarakat setelah merampungkan pembangunan infrastruktur jaringan Selengkapnya

    Palapa Ring Rampung, Tarif Internet Se-Indonesia Bisa Satu Harga

    Rampungnya Palapa Ring Timur disebut dapat mendorong tarif telekomunikasi yang lebih murah, terutama untuk pengguna di wilayah Timur Indones Selengkapnya

    BAKTI Akan Rampungkan Penyediaan 4000 BTS pada 2020

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), berencana menghadirkan 4000 Base Transceiver Station (BTS) yang ditargetkan rampun Selengkapnya

    Menkominfo Dukung Pengembangan Start-up Umrah Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjelaskan tentang pengembangan perusahaan rintisan (start-up) aplikasi umrah di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA