FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 02-2024

    1177

    Awas Hoaks! Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 Dapil Luar Negeri

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video di media sosial TikTok yang menampilkan Hasil Perolehan Sementara Pemungutan Suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di enam negara yaitu Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi dan Taiwan.

    Konon, dalam hasil perolehan pemungutan suara tersebut, Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dibandingkan dengan dua pasangan calon (paslon) lainnya.

    Faktanya, unggahan video yang menampilkan hasil perolehan sementara pemungutan suara di enam negara adalah tidak benar. Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari antaranews.com, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari dalam keterangan resmi membantah sudah ada publikasi hasil perolehan suara Pemilu 2024 di luar negeri.

    Hasyim Asyari menegaskan pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal, namun penghitungan suara di luar negeri dilakukan bersamaan dengan dalam negeri, yakni pada 14 Februari 2024, setelah waktu pencoblosan ditutup pada pukul 13.00 WIB.

    Berikut laporan harian isu hoaks, dan disinformasi yang telah didentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo,  Sabtu (10/02/2024):

    1. [HOAKS] Informasi Crowdfunding Mengatasnamakan Bank Indonesia
    2. [HOAKS] Hasil Perolehan Sementara Pilpres 2024 di Luar Negeri Sebelum 14 Februari
    3. [HOAKS] Dana Bantuan Kementerian Kesehatan untuk TKI

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Antre Panjang di Pelabuhan Gilimanuk Awal April 2024

    Fakta dari akun Instagram resmi @poldabali klaim video antrean panjang itu hoaks. Selengkapnya

    Awas Hoaks! BI Tak Layani Penukaran Uang Baru Idulfitri Tahun Ini

    Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari kompas.com, narasi soal BI tidak melayani penukaran uang baru untuk Idul Selengkapnya

    Awas Hoaks! Banjir Bandang Bikin Pemukiman Warga Tangerang Jebol

    Faktanya dalam video tersebut narator hanya membaca ulang artikel milik antaranews.com berjudul “543 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di T Selengkapnya

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA