FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 02-2024

    267

    Wapres Harapkan Pers Indonesia Jaga Integritas dan Independensi

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta Pusat, Kominfo – Pada momentum peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh setiap 9 Februari, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin turut menyampaikan Selamat Hari Pers Nasional tahun 2024 kepada segenap insan pers di seluruh penjuru tanah air.

    Melalui siaran pers Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi, Wapres berpesan kepada pers Indonesia untuk terus menjaga peran dan fungsinya sebagai kekuatan keempat dari pilar demokrasi setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

    “Sebagai Pilar Demokrasi ke-4, Wapres mengharapkan pers Indonesia terus menjalankan peran dan fungsinya sebagai kontrol sosial, memperkuat demokrasi, turut mencerdaskan kehidupan bangsa, serta berperan dalam upaya menegakkan supremasi hukum,” terang Jubir pada Jumat (09/02/2024).

    Dalam konteks penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024, menurut Jubir, Wapres berharap pers Indonesia tetap mampu menjaga integritas dan independensinya.

    “Sehingga, pers terus berada di garda terdepan dalam penciptaan Pemilu yang jujur, adil, dan damai untuk proses transisi kepemimpinan nasional dengan legitimasi politik, legal, dan etik yang kokoh,” pesannya.

    Sebagai informasi, merujuk situs resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), peringatan Hari Pers Nasional tahun 2024 mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. Tema ini mengandung pesan yang tegas terhadap insan pers agar terus menjaga keutuhan bangsa di tengah kontestasi Pemilu 2024.

    Selain tema, PWI juga merilis Logo Hari Pers Nasional 2024 berupa tulisan HPN dengan kombinasi warna merah, kuning, hijau, dan biru yang dikelilingi oleh tiga karakter hewan. Di bagian bawah terdapat tulisan Hari Pers Nasional DKI Jakarta 2024 yang menandakan peringatan puncak HPN 2024 bertempat di Jakarta.

    Penetapan peringatan Hari Pers Nasional setiap 9 Februari didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 tahun 1985 yang ditandatangani Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985. Adapun peringatan HPN pertama kali diselenggarakan secara resmi pada 9 Februari 1985 di Gedung Utama Pekan Raya Jakarta. 

    Berita Terkait

    Rayakan Idul Fitri 1445 H, Wapres Ajak Umat Islam Jaga Spirit Kasih dan Murah Hati

    Selain mempertahankan semangat Ramadan, Wapres mengajak umat Islam juga harus terus menjaga semangat berubah ke arah yang lebih baik. Selengkapnya

    Wapres Harapkan Media Terus Bantu Pemerintah Jaga Kondusivitas Situasi Pascapemilu

    Situasi pasca-Pemilu 2024 relatif lebih sejuk jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu yang diwarnai banyak demonstrasi khususnya saat pela Selengkapnya

    Kolaborasi untuk Akselerasi Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

    Visi Indonesia Emas 2045 tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, dimana Indonesia perlu mengubah pende Selengkapnya

    Wapres Sampaikan Tausiah Tentang Hikmah Puasa

    Wapres menyebutkan bahwa hikmah ibadah puasa berikutnya adalah untuk melatih diri menahan hawa nafsu. Sebab, nafsu merupakan salah satu musu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA