FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 12-2023

    563

    [HOAKS] 1000 Unit Kendaraan Polantas yang Dilengkapi ETLE Dikerahkan untuk Melaksanakan Tugas Tilang hingga ke Jalan Kecil

    Kategori Hoaks | Viska

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri) telah mengerahkan 1000 unit kendaraan Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang dilengkapi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk melakukan tilang elektronik hingga ke jalan kecil.

    Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut keliru. Dilansir dari tempo.co, jumlah kendaraan yang dikerahkan tidak sampai 1000 unit dan tilang elektronik hanya dilakukan di jalan umum, bukan di jalan kecil. Melalui cnbcindonesia.com, Kabag TIK Korlantas Polri I Made Agus Prasatya mengonfirmasi bahwa jumlah kendaraan yang dilengkapi ETLE hanya 968 unit yang terdiri dari 905 kamera ETLE melalui gawai petugas dan 63 unit kendaraan ETLE yang melekat pada mobil petugas. Selain itu, kamera ETLE pada kendaraan petugas hanya diperuntukkan melaporkan pelanggaran lalu lintas di jalan umum, bukan di jalan kecil atau bahkan di gang-gang sempit, sebagaimana diberitakan detik.com pada Juni 2022 melalui artikel yang berjudul "Penjelasan Korlantas soal ETLE Mobile yang Tilang Pemotor di Persawahan".

    KATEGORI: HOAKS

    Link counter:

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] Tentara Cina Masuk ke Daerah-daerah di Indonesia karena Prabowo-Gibran Kalah Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Uang Hilang di Rekening BRI Ternyata Digunakan untuk Serangan Bansos Terkait Pemilu

    Selengkapnya

    [HOAKS] Serpihan Batu yang Berasal dari Ulekan Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA