FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 12-2023

    1167

    Kominfo Ingatkan Anak Muda Datang ke TPS di Hari Kasih Suara 14 Februari 2024

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengingatkan generasi muda yang memiliki hak pilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Hari Kasih Suara pada 14 Februari 2024 mendatang. Direktur Jenderal Informasi Dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan hal itu sebagai wujud kecintaan terhadap Indonesia dan partisipasi terhadap pesta demokrasi besar di Tanah Air.

    “Biasanya, tanggal tersebut (14 Februari) identik dengan hari kasih sayang, untuk kali ini, tanggal tersebut merupakan Hari Kasih Suara untuk negara Indonesia yang sangat kita cintai ini, Apabila kita menyayangi dan mencintai negeri ini, marilah berikan suara dengan segenap pikiran, perasaan, dan perbuatan sebagai Warga Negara Indonesia di Tempat Pemungutan Suara,” ujarnya dalam sambutan tertulis dalam acara Election Beats “Voices Of Our Generation” di Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (09/12/2023).

    Menurut Dirjen IKP Usman, pemilih pada Pemilu 2024 itu didominasi oleh generasi Z, generasi muda yang pada 10-15 tahun kedepan akan memimpin bangsa ini.

    Generasi Z dinilai mempunyai semangat, opini dan secara bersamaan mampu berfikir kritis untuk kemajuan bangsa, sehingga partisipasinya dalam pesta demokrasi besar ini akan berdampak sangat signifikan.  

    “Hanya dibutuhkan lima menit di TPS untuk menentukan lima tahun arah bangsa dan negara kita,” imbuhnya.

    Dirjen IKP Usman mengingatkan generasi muda agar tidak mudah terpengaruh konten berita palsu, ujaran kebencian, dan olok-olok yang mengandung SARA yang beredar menjelang Pemilu, baik di media sosial maupun di Masyarakat.

    "Sebab, konten negatif terkait calon legislatif, partai politik, hingga calon presiden dapat memecah persatuan dan persaudaraan bangsa ini. Sebagai generasi yang menjadikan media sosial sebagai bagian besar hidupnya, peran Gen Z sangatlah penting dalam mencegah dan memutus peredaraan berita palsu, ujaran kebencian maupun olok-olok SARA tersebut,” tutur Usman Kansong.

    Menurut Dirjen Usman Kansong, Gen Z dapat memanfaatkan media sosial untuk melakukan hal-hal yang positif, menyebarkan informasi yang benar serta menyebarkan pesan kedamaian.

    Selain melalui media sosial, seni, khususnya musik, juga bisa menjadi sarana untuk mengkomunikasikan pesan-pesan penting dan isu sosial.

    “Musik memiliki kekuatan untuk menyatukan masyarakat, terutama generasi muda. Dengan musik, kita dapat berekspresi dan menyampaikan pesan yang diinginkan,” tutup Dirjen IKP Kominfo.

    Acara yang menampilkan artis Lalahuta dan Vira Talisa itu turut dihadiri PelaksanaTtugas (Plt) Direktur Informasi Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan (IK Polhukam) IKP Sumiati, dan Pemred Magdalene Devi Asmarani.

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Kominfo Akan Wajibkan Publisher Gim di Indonesia Berbadan Hukum

    Kementerian Kominfo dipastikan tidak membentuk badan rating ini sendiri, namun menyerahkannya ke pihak ketiga agar bisa menjadi lembaga inde Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA