FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 11-2023

    352

    Jadi Motor Penggerak, Menkominfo Ajak Pelaku UMKM Kembangkan Jejaring

    SIARAN PERS NO. 518/HM/KOMINFO/11/2023
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 518/HM/KOMINFO/11/2023

    Kamis, 30 November 2023

    tentang

    Jadi Motor Penggerak, Menkominfo Ajak Pelaku UMKM Kembangkan Jejaring

    Saat ini terdapat 65 juta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Dari total tersebut ada 19 juta pelaku UMKM yang telah onboarding digital. 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak pelaku UMKM terus meningkatkan kolaborasi dan jaringan bisnis sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional. 

    "Melalui kolaborasi dan jaringan bisnis yang kuat, kita mendukung kesuksesan UMKM sebagai motor pertumbuhan ekonomi bangsa untuk mencapai Indonesia maju," jelasnya dalam Acara Puncak HUT ke-6 Tangguh Berkibar di Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/11/2023). 

    Menurut Menteri Budi Arie, kehadiran UMKM di Indonesia menyumbang 61,7% dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB) setara Rp8,5 Triliun. 

    "Adanya UMKM Indonesia juga menyerap lebih dari 96,9% tenaga kerja, dan menghimpun lebih dari 60,4 persen total investasi di Indonesia menurut data dari Kementerian Perdagangan di tahun 2021," ujarnya. 

    Menkominfo menjelaskan di era digital yang terus berkembang dengan disrupsi dan perkembangan sangat cepat, pelaku UMKM memiliki peluang emas untuk memanfaatkan teknologi secara lebih signifikan. Menurutnya, hal itu bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja, membuka pasar dan pelanggan baru serta mengelola keuangan dengan lebih baik.

    “Dengan digitalisasi alur keuangan administrasi bisa lebih cepat, lebih tertata, dan lebih baik,” ujarnya. 

    Namun, Menteri Budi Arie mengingatkan adanya tantangan seperti masih rendahnya tingkat kepercayaan pelaku UMKM terhadap manfaat teknologi digital. 

    “Kurangnya keterampilan dan pengetahuan digital di kalangan pemilik UMKM maupun karyawan terutama di daerah pedesaan menjadi tantangan tersendiri. Terlebih, data dari BRI Institute tahun 2023 menunjukkan rendahnya penggunaan smartphone, PC atau tablet dalam aktivitas digital di pedesaan,” jelasnya. 

    Kementerian Kominfo secara konsisten menumbuhkan inovasi dan mendorong optimalisasi ekonomi digital melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Nasional Literasi Digital khusus untuk UMKM. Bahkan telah menyiapkan pelatihan pengembangan wirausaha berbasis digital melalui Program UMKM Level Up melalui Digital Mentoring dan Inkubator Bisnis Inkubator, serta Digital Entrepreneurship Academy. 

    Oleh karena itu, Menkominfo Budi Arie berharap Tangguh Berkibar melakukan konsolidasi agar pelaku UMKM bisa go digital dan pemasaran yang lebih luas dan menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

    "Jadi nanti mudah-mudahan dari Tangguh Berkibar ini ada yang difasilitasi dan dilatih oleh Kominfo untuk tetap bisa naik kelas. Kalau bagus mudah-mudahan bisa menjadi produk kebanggaan Indonesia dengan diekspor ke pasar mancanegara," ungkapnya.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 315/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Jaga Standar Keamanan Perangkat Telekomunikasi, Menkominfo Tekankan Kolaborasi

    IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, serta masyarakat dalam pengemb Selengkapnya

    Siaran Pers No. 314/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Uji Publik RPM mengenai Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module (ESIM)

    Tanggapan terhadap Uji Publik Rancangan Peraturan Menteri tentang Pemanfaatan Teknologi Embedded Subscriber Identity Module oleh Penyelengga Selengkapnya

    Siaran Pers No. 313/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Terlengkap se-Asia Tenggara, Menteri Budi Arie Harap IDTH Jadi Rujukan Internasional

    Menkominfo Budi Arie Setiadi berharap IDTH dapat menjadi laboratorium rujukan untuk pengujian perangkat telekomunikasi di tingkat internasio Selengkapnya

    Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Perempuan Indonesia Jadi Penggerak Kemajuan Digital

    Guna menghadirkan pemanfaatan AI yang lebih inklusif bagi kaum perempuan, Kementerian Kominfo menyiapkan berbagai program pengembangan sumbe Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA