FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 11-2023

    1114

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    - (AYH)

    Banyuwangi, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi akan meninjau Satuan Transmisi Digital Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia Stasiun Alasmalang yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Kunjungan kerja Menkominfo ke Jawa Timur, akan berlangsung selama sehari, Jumat (17/11/2023).

    Kepala Stasiun TVRI Jawa Timur Asep Suhendar menjelaskan Pemancar Digital TVRI Stasiun Alasmalang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. 

    “Jadi, Menteri Budi Arie akan meninjau dan meresmikan secara langsung Pemancar Digital LPP TVRI Transmisi Alasmalang dengan melakukan penandatanganan prasasti,” ujarnya di tengah persiapan acara Kunjungan Kerja Menkominfo, di Stasiun Pemancar TVRI Alasmalang, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023). 

    Menurut Kepala Stasiun TVRI Jatim Asep Suhendar, selain mengunjungi Pemancar Digital LPP TVRI Transmisi Alasmalang, Menkominfo secara simbolis akan menyerahkan Set Top Box kepada masyarakat di sekitar lokasi stasiun pemancar. Bahkan, Menteri Budi Arie akan memberikan arahan kepada insan TVRI Jawa Timur.

    “Beliau sangat apresiasi sekali terhadap TVRI, sehingga berkenan meresmikan dan menyaksikan sarana dan prasarana Stasiun Tranmisi Alas Malang. Bapak Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi didampingi Dirjen PPI Kominfo Wayan Toni Supriyanto dan Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno,” tuturnya.

    Selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo, LPP TVRI juga menjadi bagian dari agen konektivitas antarwilayah. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja, dalam pelaksanaan digitalisasi penyiaran atau analog switch-off  LPP TVRI juga memiliki peran sebagai penyelenggara multipleksing siaran digital.

    Menurut Asep Suhendar, TVRI bertanggung jawab menyediakan transmisi siaran digital dan STB untuk masyarakat Indonesia.

    “Mulai dari awal Tahun 2022, kami telah menyalurkan bebeberapa unit STB kepada masyarakat. Ini salah satu upaya kami untuk mensosialisasikan program pemerintah terkait dengan digitalisasi televisi,” jelasnya.

    Koordinator Teknisi TVRI Stasiun Alas Malang Sumarno menyatakan multipleksing TV digital TVRI resmi mengudara di Banyuwangi mulai 25 Mei 2023. Menurutnya, siaran digital kini dapat ditangkap sebagian masyarakat Banyuwangi secara gratis pada kanal 28 UHF (Digital DVB-T2) di frekuensi 530 Mhz.

    “Dengan daya pancar transmisi 500 watt, coverage-nya tidak hanya sekitar Kabupaten Banyuwangi saja, Ada beberapa masyarakat yang menyampaikan siaran kami bisa menjangkau hingga Bali. Dengan meng-upgrade area Banyuwangi seluruhnya, kita berharap siaran jauh lebih merata,” ungkapnya.

    Selain di Alasmalang Banyuwangi, Pemancar LPP TVRI di Jawa Timur yang sudah digital berada di Cemoro Sewu Kabupaten Magetan, Desa Oro-Oro Ombo Kabupaten Malang, Gunung Brengik Kabupaten Pamekasan, Gunung Doek Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Tuban, Gunung Pandan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Pacitan.

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Pengungsi di Pekanbaru Pindah ke Pulau Galang? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim narasi dalam video tersebut salah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA