FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 11-2023

    244

    [HOAKS] Video "Mulai Institusi Negara Ikut Dukung Mendukung Salah Satu Kandidat, Kata Netral dalam Sumpah Jabatan Hanya Isapan Jempol"

    Kategori Hoaks | adhi004

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan video pada media sosial X/Twitter yang menampilkan sejumlah Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan klaim narasi "Mulai institusi negara ikut dukung mendukung salah satu kandidat, kata netral dalam sumpah jabatan hanya isapan jempol." Dalam video yang diunggah pun turut terdapat narasi "Ngeri-ngeri sedap! Rombongan Jendral TNI kunjungi Gibran di Balaikota”.

    Dilansir dari situs turnbackhoax.id, klaim narasi pada unggahan tersebut adalah salah. Faktanya, akun X/Twitter @tni_ad juga memberikan klarifikasi terkait video yang beredar. Dalam klarifikasi tersebut dijelaskan bahwa kejadian tersebut merupakan kegiatan On The Job Training (OJT) Wilayah Pertahanan (Wilhan) Perwira Siswa Dekreg LXII Seskoad yang dilakukan pada tanggal 4-8 September 2023. Foto tersebut diambil dalam rangkaian kegiatan kunjungan ke beberapa objek, seperti Pemerintah Kota (Pemkot) Sukoharjo, Sritex, Konimex, dan Pemkot Solo. Kegiatan tersebut tidak ada kaitannya dengan calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) karena foto itu diambil pada tanggal 7 September 2023, sedangkan Gibran Rakabuming Raka mendaftar resmi sebagai cawapres pada tanggal 25 Oktober 2023. Dalam unggahan tersebut juga ditegaskan bahwa poin-poin TNI Angkatan Darat (AD) akan selalu memegang teguh komitmen netralitas TNI dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

    Kategori: Hoaks

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Tentara Cina Mendarat di Kota Manado

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Istana Negara Rata Dengan Tanah Ternyata Sri Mulyani Temukan Dokumen Ini

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bus Gratis untuk Pendukung Kampanye 01 di Jakarta International Stadium Dibakar

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA