FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 10-2023

    2090

    [DISINFORMASI] Anies Baswedan Dijemput KPK dan Mahfud MD karena Menjadi Tersangka Korupsi

    Kategori Hoaks | Viska

    Penjelasan :

    Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dijemput Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD karena secara resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus korupsi Formula E. Thumbnail dalam unggahan video menampilkan gambar Anies Baswedan yang dikawal aparat penegak hukum dan Mahfud MD.

    Faktanya, klaim dalam unggahan video tersebut adalah keliru. Dilansir dari kompas.com, gambar thumbnail yang ditampilkan merupakan hasil manipulasi dari foto asli yang termuat dalam artikel tribunnews.com berjudul "Berita Foto: KPK Jemput Paksa Azis Syamsuddin" yang dirilis pada 24 September 2021. Selain itu, narator membacakan narasi yang termuat dalam salah satu artikel berjudul "Anies Auto Galau, Ditanya KPK Bukti Transfer 560 Miliar Mana?" yang dirilis pada 27 November 2021. Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi valid yang menyebutkan KPK dan Mahfud MD menjemput Anies Baswedan karena ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi Formula E.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link counter:

     

    Berita Terkait

    [HOAKS] MK usir Tim Hukum Anies Baswedan dari Persidangan karena Bukti Palsu

    Selengkapnya

    [HOAKS] Sumur Resapan Era Anies Baswedan di Jakarta Ditutup dan Sebabkan Banjir

    Selengkapnya

    [HOAKS] Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Resmi Dilantik Menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Tanggal 24 Februari 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Anies Baswedan Serah Terima Jabatan Presiden Bersama Jokowi

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA