FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 09-2023

    1604

    [HOAKS] Sayap dan Leher Ayam Broiler Jangan Dimakan Berlebihan

    Kategori Hoaks | adhi004

    Penjelasan:

    Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube yang mengeklaim bahwa terdapat larangan mengonsumsi sayap dan leher ayam pedaging (broiler). Unggahan tersebut turut mengeklaim bahwa pemeliharaan ayam broiler menggunakan suntik hormon, terutama di bagian sayap dan leher ayam, sehingga dapat menimbulkan kanker apabila dikonsumsi secara berlebihan.

    Faktanya, klaim pada video yang beredar tersebut adalah hoaks. Berdasarkan klarifikasi resmi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, ayam broiler di peternakan pada umumnya dipelihara dengan menetapkan praktik budidaya yang baik sesuai dengan pedoman pemerintah. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 dan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan secara tegas melarang penggunaan hormon bagi ternak. Ayam broiler yang ada sekarang merupakan ayam yang secara genetik diseleksi untuk dapat tumbuh cepat, sehingga tidak ada penggunaan hormon pertumbuhan pada ayam broiler. Pemerintah pusat dan daerah telah mengatur dan juga mengawasi tata cara budidaya yang baik dalam sistem budidaya ternak potong termasuk ayam broiler. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian secara rutin melakukan pemeriksaan dan pengujian daging ayam dan tidak ditemukan adanya residu hormon pada daging ayam.

    Kategori: Hoaks

    Link Counter:

    • Surat Resmi Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 06003/PK.430/F5/09.2023 tanggal 6 September 2023

    Berita Terkait

    [HOAKS] Puan Maharani Promosikan Obat Nyeri Sendi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Bupati Sijunjung

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Pj. Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Puskesmas Wara Selatan Buka Lowongan Kerja

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA