FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 08-2023

    1126

    [DISINFORMASI] Pelaku yang Berencana Melakukan Pembunuhan Terhadap Anies Baswedan Berhasil Ditangkap oleh Aparat Kepolisian

    Kategori Hoaks | adhi004

    Penjelasan:

    Beredar sebuah unggahan video di platform YouTube yang mengeklaim bahwa telah terjadi upaya perencanaan pembunuhan terhadap Anies Baswedan. Thumbnail pada video tersebut memuat narasi bahwa pelaku telah tertangkap oleh aparat kepolisian dan Anies Baswedan menemui pelaku yang berencana melakukan pembunuhan terhadapnya.

    Faktanya, klaim yang mengatakan bahwa pelaku yang berencana melakukan pembunuhan terhadap Anies Baswedan berhasil ditangkap oleh aparat kepolisian adalah tidak benar. Dilansir dari turnbackhoax.id, video tersebut merupakan sekumpulan video yang telah disunting dan tidak saling berkaitan satu sama lain. Video pertama identik dengan video yang diunggah oleh kanal YouTube Mediasi Channel dengan judul “Formas NU Deklarasi Dukung Anies Baswedan Pilpres 2024”. Adapun video kedua diunggah oleh kanal YouTube Kompas.com dengan judul “Bacakan Rekomendasi Rakernas PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo Disambut Tepuk Tangan”. Sampai saat ini, tidak ada bukti yang kredibel terkait upaya pembunuhan terhadap Anies Baswedan sebagaimana narasi dalam video.

    Kategori: Disinformasi

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Ketua KPU Ketuk Palu dan Mengesahkan Anies Baswedan Jadi Presiden Republik Indonesia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Mahfud MD dan FBI Berhasil Ungkap Korupsi di Istana Kepresidenan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pemerintah Australia Menyarankan Memanfaatkan Pemberian Vaksin kepada Pasien di Bawah Pengaruh Obat Bius

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Kabupaten Gunungkidul Darurat Klitih

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA