FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 08-2023

    692

    Kominfo Siapkan Media Center Layani Jurnalis Peliput AIS Forum 2023 Bali

    Kategori Berita Kominfo | adhi004

    Badung, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi/KTT (High Level Meeting) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 dengan menyediakan Media Center. Seperti dalam gelaran internasional sebelumnya, hal itu sebagai upaya memberikan fasilitas penunjang bagi kerja jurnalis peliput.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menyatakan Kementerian Kominfo sudah punya standar untuk memfasilitasi jurnalis dalam event nasional maupun internasional.

    “Jadi di WWF ke-10 itu kami pun akan membuka media centar dengan standar minimal seperti di G20,” ujarnyadalam Media Briefing AIS Forum 2023 yang dirangkai dengan Pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10, di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (09/08/2023).

    Menurut Dirjen Usman Kansong, saat WWF 2024 nanti akan ada lebih dari 2.000 jurnalis nasional dan internasional yang datang meliput. 

    “Diperkirakan akan ada 500 hingga 1.000 jurnalis dari dalam dan luar negeri hadir di acara itu, sehingga kami akan menyiapkan media center yang lengkap, minimal seperti pada event G20 dan KTT ASEAN, untuk jumlah pastinya menunggu registrasi media dibuka yang diperkirakan mulai akhir September 2023 nanti,” ujarnya 

    Media Center AIS Forum 2023 rencananya akan beroperasi pada 9-13 Oktober 2023, yang berlokasi di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Atau sejak H-2 hingga H+1 event berlangsung, sehingga akan lebih membantu secara maksimal kerja jurnalis. 

    “Karena itu registrasi media rencananya juga baru dibuka pada awal 2024 atau sekitar Maret 2024 melalui website worldwaterforum.org,” jelas Dirjen IKP Kementerian Kominfo.

    Direktur Informasi Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary menjelaskan Media Center WWF ke-10 pada 2024 mendatang akan menjadi pusat informasi bagi jurnalis nasional maupun internasional.

    Fasilitas yang diberikan menurut Septriana, minimal akan berstandar seperti pada event G20 2022 lalu mulai ruang kerja/briefing media, tempat distribusi khusus pusat siaran internasional, area makan dan perhotelan, ruang konferensi pers, simultan interpretermedia lounge, internet berkecepatan tinggi, komputer dan laptop.

    “Bahkan kata Pak Dirjen nanti bisa juga kita sediakan area pijat refleksi sehingga bisa membantu meredakan kelelahan rekan-rekan jurnalis, kami juga sediakan coffee break dan makan siang, jadi teman-teman media tinggal fokus bekerja,” jelas Septriana Tangkary.

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Media Center World Water Forum 2024 Mampu Tampung Seribu Jurnalis

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo menjelaskan media center itu akan memiliki berbagai fasilitas penunjang kerja jurnalis peliput World Water Fo Selengkapnya

    Gelombang 10 Meter Terjang Jakarta Pusat Awal Januari 2024? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari turnbackhoax.id. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA