FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 08-2023

    1630

    [DISINFORMASI] Kemendikbudristek Hapus Pelajaran Agama pada Dokumen Draf Peta Jalan Pendidikan 2020-2035

    Kategori Hoaks | Viska

    Penjelasan :

    Beredar potongan video dengan narasi yang menyebut bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hendak menghapus mata pelajaran agama untuk siswa di sekolah. Video tersebut berformat berita yang membahas kekagetan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah tak menemukan frasa pelajaran agama di dokumen draf Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 yang disusun Kemendikbudristek.

    Dilansir dari tempo.co, berdasarkan hasil penelusuran, narasi pada video tersebut adalah keliru. Faktanya, isu terkait akan ditiadakannya pelajaran agama di sekolah sudah pernah beredar sejak tahun 2017 dan kembali terulang pada tahun 2021. Dalam situs resminya pada publikasi 9 Maret 2021, Kemendikbudristek menegaskan bahwa pelajaran agama dan Pancasila akan tetap dimasukkan Peta Jalan Pendidikan Indonesia. Mengenai draf yang menjadi sumber informasi tersebut berasal dari dokumen yang belum final. Dilansir antaranews.com pada 9 Maret 2021, Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek Hendarman mengatakan pihaknya tidak pernah berencana menghapuskan pelajaran agama dari pengajaran di sekolah.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Unjuk Rasa Warga Provinsi Papua Terkait Pencurian Suara pada Pemilihan Presiden 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Frasa Agama akan Dihapus dalam Draft Peta Jalan Pendidikan Kemendikbudristek

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Melantik AHY Sebagai Menko Polhukam

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Dua Pejabat Kemenko Perekonomian Terjerat Kasus Tindak Pidana Korupsi Impor Gula di Kementerian Perdagangan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA