FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 08-2023

    925

    [DISINFORMASI] Uang Palsu yang Terungkap di Kabupaten Pandeglang Dicetak oleh Pengusaha Cina untuk Beli Suara pada Pilpres 2024

    Kategori Hoaks | adhi004

    Penjelasan :

    Beredar sebuah video mengenai penangkapan pelaku peredaran uang palsu di Kabupaten Pandeglang disertai klaim yang menyebutkan bahwa produksi uang palsu tersebut dilakukan sebagai strategi membeli suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam narasi disebutkan juga bahwa uang palsu yang diedarkan dicetak oleh pengusaha asal Cina menggunakan mesin cetak dan bahan baku dari Cina.

    Dilansir dari tirto.id, berdasarkan hasil penelusuran diketahui bahwa video serupa pernah diunggah di kanal YouTube resmi Banten News pada 18 Juli 2023. Dalam video tersebut tidak ditemukan narasi atau keterangan sebagaimana klaim yang beredar. Video tersebut berisi tentang penangkapan lima orang pelaku pengedar uang palsu senilai Rp15 triliun di Kabupaten Pandeglang, Banten pada Minggu, 16 Juli 2023 dan Senin, 17 Juli 2023. Lebih lanjut, sampai saat ini tidak ada bukti pemberitaan kredibel yang menyatakan bahwa ada kaitan antara kasus pengedaran uang palsu di Kabupaten Pandeglang, Banten dengan Pilpres 2024 dan negara Cina.

    Kategori: Disinformasi

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Unjuk Rasa Warga Provinsi Papua Terkait Pencurian Suara pada Pemilihan Presiden 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Gempa di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada 10 April 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Joko Widodo Perintahkan untuk Menangkap Para Pendemo Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Uang Baru Hasil Redenominasi Dikeluarkan saat Lebaran 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA