FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 06-2023

    636

    Wapres Minta Diaspora Indonesia Terus Perkuat Komitmen Kebangsaan

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Tashkent, Kominfo – Mengawali agenda utamanya dalam rangkaian kunjungan kerja di Uzbekistan, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pagi ini melakukan Dialog Kebangsaan Indonesia bersama para diaspora Indonesia di Uzbekistan yang terdiri dari para pelajar dan tenaga profesional, bertempat di Ruang Amudarya 1, Hotel Intercontinental Tashkent, Uzbekistan, Selasa (13/06/2023).

    Ini merupakan pertama kali bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah Uzbekistan dan sekitarnya dapat bertatap muka secara langsung dengan Wapres. Untuk itu, momentum ini menjadi kesempatan bagi Wapres berdiskusi secara langsung dan mendengar aspirasi para WNI.

    Pada kesempatan tersebut, Wapres memberikan beberapa pesan kepada para diaspora agar terus menguatkan komitmen kebangsaan, diantaranya melalui ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama di laur negeri. Menurut Wapres, perbaikan segala aspek di Indonesia, khususnya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, salah satunya dapat didukung melalui pemanfaatan ilmu dan pengalaman tersebut.

    “Diaspora Indonesia perlu menggali aspek-aspek positif di luar negeri sebagai bekal untuk mengusung perbaikan Indonesia,” ungkap Wapres.

    Selain itu, Wapres juga berpesan selama berada jauh dari kampung halaman, agar para diaspora mampu menjaga kerukunan dan harmoni dalam keberagaman.

    “Terus menjaga harmoni, solidaritas dan kerukunan sesama masyarakat Indonesia di luar negeri,” terangnya.

    Lebih lanjut, Wapres juga turut menyisipkan pesan khusus jelang memasuki tahun politik pada pemilihan umum 2024 agar para diaspora dapat semakin menjaga dan menghargai satu sama lain, tanpa memecah ikatan kebangsaan.

    “Agenda Pemilu 2024 jangan sampai memecah ikatan kebangsaan, tetapi mari rayakan Pemilu dengan kegembiraan dan jauh dari sikap permusuhan,” jelas Wapres.

    Pada kesempatan yang sama, Wapres mengingatkan dengan semakin berkembangnya industri, agar para diaspora dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin, seperti memilih informasi secara bijak dari sumber yang kredibel.

    “Gunakan kemajuan digital untuk mengabarkan pesan yang benar, penuh kebaikan, dan santun,” ujar Wapres.

    “Alangkah baiknya kita terus memilih dan memilah informasi yang tepat, seraya mencegah hoaks dan menghindari benturan pandangan yang keras,” imbuhnya.

    Di sisi lain, Wapres juga menekankan agar para diaspora di Uzbekistan dan masyarakat Indonesia pada umumnya, selain terus merawat komitmen kebangsaan, juga selalu memegang prinsip toleransi, dan anti terhadap kekerasan sebagai upaya dalam menjaga kerukunan antarsesama.

    “Prinsip toleransi, anti-kekerasan, komitmen kebangsaan, serta akomodatif terhadap budaya lokal dan perkembangan zaman, merupakan praktik yang harus senantiasa kita rawat bersama,” tutur Wapres.

    Menutup sambutannya, Wapres mendukung penuh upaya inovasi dan gagasan para diaspora Indonesia di wilayah Uzbekistan dan sekitarnya untuk dapat menjadi rujukan formulasi kebijakan nasional.

    “Saya akan terus menanti gagasan, inovasi, dan pandangan dari masyarakat Indonesia di Uzbekistan dan sekitarnya, guna menjadi pengayaan formulasi kebijakan nasional, serta bagian dari agenda transformasi ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan,” pungkasnya.

    Hadir mendampingi Wapres dalam kesempatan ini Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika; Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan, Velix Vernando Wanggai; Deputi Bidang Administrasi, Sapto Harjono Wahjoe Sedjati; Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/Kepala Protokol Negara, Andy Rachmianto; Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Robikin Emhas, Zumrotul Mukaffa, dan Arif Rahmansyah Marbun; serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (

    Berita Terkait

    Wapres Bahas Strategi Penguatan Kelembagaan KNEKS

    Strategi penguatan yang dilaporkan kepada Wapres ini merupakan bentuk tindak lanjut kesungguhan pemerintah dalam memajukan ekosistem ekonomi Selengkapnya

    Wapres Harapkan Media Terus Bantu Pemerintah Jaga Kondusivitas Situasi Pascapemilu

    Situasi pasca-Pemilu 2024 relatif lebih sejuk jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu yang diwarnai banyak demonstrasi khususnya saat pela Selengkapnya

    Presiden dan Anggota Kabinet Indonesia Maju Sampaikan SPT Pajak di Istana Negara

    Batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2023 adalah tanggal 31 Maret 2024. Selengkapnya

    Wapres: Optimalkan Program Percepatan Penurunan Stunting!

    Wapres mengingatkan bahwa target tahun ini akan dapat dicapai apabila semua pihak lebih bersungguh-sungguh menjalankan program penurunan stu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA