FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 04-2015

    2136

    Pengamat: Bangun Inovasi Tak Cukup Pakai TKDN

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    Pengamat: Bangun Inovasi Tak Cukup Pakai TKDN

    VIVA.co.id - Aturan kandungan lokal atau Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang akan digulirkan pemerintah terkait smartphone, diklaim memiliki semangat untuk menumbuhkan ekosistem dan inovasi lokal. Namun, menurut pengamat, langkah TKDN tersebut dirasa tak akan cukup untuk mewujudkan inovasi dalam negeri.

    "TKDN itu belum cukup. Itu hanya teknologi," ujar Ida-Bagus Kesawa Narayana, Country Representative Fraunhofer, dalam seminar bertajuk "Membangun Inovasi Indonesia" di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa 28 April 2015.

    Narayana mengatakan, dalam membangun dan merangsang inovasi dalam negeri, seharusnya yang diperlukan adalah kepemilikan teknologi. Salah satunya paten dari teknologi itu sendiri.

    "Yang diperlukan itu teknologi ownership. Ini bisa tumbuh dengan penelitian dan pengembangan, insentif, dan permintaan teknologi," kata pria asal Bali tersebut.

    Sayangnya, kata dia, untuk mendirikan litbang bukanlah hal yang mudah. Upaya ini membutuhkan komitmen dan alokasi dana yang tak sedikit.

    Mengingat investasi butuh biaya yang besar, kata Narayan, maka seharusnya pemerintah lah yang memiliki sumber daya yang bisa menggulirkan dana. Tapi, problem cara pandang birokrasi masih menjadi kendala.

    Dia mengatakan, kelemahan ini menjadikan lambatnya inovasi di Indonesia. Tak heran banyak inovasi yang muncul lebih didominasi dari luar negeri.

    "Ini seperti di Bali. Di sana memang hotel banyak sekali. Tapi, 99 persen dimiliki orang luar Bali. Jadi, nilai tambah ke orang Bali sedikit," ujarnya.

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah mencanangkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada produk handset mobile yang beroperasi di Indonesia. Aturan ini direncanakan mulai berlaku Januari 2017. (art)

    Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/619533-pengamat--bangun-inovasi-tak-cukup-pakai-tkdn

    Berita Terkait

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Kominfo Bangun Infrastruktur Digital di 41 Desa di DIY

    KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan perhatian yang serius pembangunan infrastruktur digital di Daerah Istimewa Yogya Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Kembangkan Inovasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak seluruh insan pos dan telekomunikasi serta ekosistem komunikasi dan Selengkapnya

    Menkominfo Yakin Indonesia Tangguh Hadapi Pandemi

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan keyakinan bahwa Indonesia akan dapat melalui masa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA