FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 03-2023

    1462

    Koordinasi dan Kolaborasi Humas K/L Menjadi Kunci Penting Strategi Komunikasi Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023

    Kategori Artikel GPR | andr045

    Melalui semangat koordinasi dan kolaborasi menjalankan strategi komunikasi, Humas K/L siap menyukseskan Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. Hal ini tercermin dalam pelaksanaan Forum Tematik Bakohumas Kementerian Luar Negeri bertema “Strategi Komunikasi Penyampaian Narasi Besar Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023,” yang dilaksanakan secara hybrid di Bogor, tanggal 28 Februari 2023. 

    “Kesuksesan Keketuaan Indonesia di ASEAN tidak terlepas dari kesuksesan Humas Pemerintah dalam menyampaikan narasi utama, arti penting, capaian serta manfaat Keketuaan Indonesia kepada publik secara kolaboratif dan terkonsolidasi,” ujar Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik, Kemlu, Teuku Faizasyah. 

    Lebih lanjut, ditekankan oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kominfo, selaku Ketua Bakohumas, Usman Kamsong, bahwa selain menyampaikan konten informasi, K/L juga harus meningkatkan engagement masyarakat  dalam segala hal terkait ASEAN. Hadir sebagai narasumber adalah Direktur Informasi dan Media, Kemlu; Tenaga Ahli Utama, Kedeputian IV, Kantor Staf Presiden; dan CEO Good News From Indonesia (GNFI). 

    Forum menyepakati bahwa startegi komunikasi yang efektif dalam mengorkestrasi narasi utama Keketuaan Indonesia kepada publik perlu dilaksanakan dengan prinsip integrasi, networking, sinergi (baik antar K/L maupun non pemerintah), kontinuitas, fokus dan pengukuran efektifitasnya. Penyusunan konten yang informatif, menarik, dan mudah dimengerti merupakan diantara faktor keberhasilan komunikasi dengan publik.

    Diseminasi informasi kepada publik juga perlu saling memanfaatkan kanal dan platform informasi publik lintas K/L agar narasi dapat menjangkau masyarakat luas, khususnya terkait manfaat yang diperolah Indonesia dalam keketuaannya di ASEAN.   

    Berita Terkait

    Keanggotaan Penuh FATF : Bekal Penting Menuju Indonesia Emas 2045

    Keanggotaan Indonesia di FATF akan meningkatkan kredibilitas perekonomian nasional dan persepsi positif terhadap sistem keuangan Indonesia y Selengkapnya

    Sinergi dan Kolaborasi Jadi Fokus Forum Bakohumas Kemenkeu 2023

    Selengkapnya

    Penggunaan Kendaraan Listrik di KTT G20 Simbol Kongkret Transisi Energi Indonesia

    Selengkapnya

    Indonesia Bawa Tiga Isu Prioritas G20 pada Keketuaannya di ASEAN 2023

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA