FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 05-2022

    515

    Suguhan Pembuatan Wayang Kulit Bagi Pengunjung Sidang DEWG G20

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Suguhan proses pembuatan wayang kulit di lokasi penyelenggaraan sidang di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, Selasa (17/5/2022). - (AYH)

    Yogyakarta, Kominfo - Delegasi dan media peliput Sidang Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau  Digital Economy Working Group (2nd DEWG G20) disuguhi proses pembuatan wayang kulit di lokasi penyelenggaraan sidang di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, Selasa (17/5/2022).

    Terdapat tiga orang seniman pembuat wayang kulit yang menunjukkan proses pembuatan wayang kulit kepada pengunjung sidang.

    kominfo-dewg jogja-g20-wayang-AYH 2.jpg

    Wayang kulit adalah pertunjukan drama dengan boneka pipih yang terbuat dari kulit. Dalam kesenian Indonesia, wayang kulit adalah salah satu yang terkenal di seluruh daerah bahkan di luar negeri.

    Pertunjukan wayang Kulit bisa dikatakan sebagai kesenian tradisional yang paripurna karena di dalamnya terkandung seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang.

    Setiap boneka dibentuk menadi karakter perwayangan. Setiap karakter wayang kulit dibuat unik dengan postur dan pakaian khas Indonesia.

    Salah seorang seniman wayang kulit, Abi, dari Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berharap para delegasi 2nd DEWG G20 dapat menikmati kebudayaan dan  keindahan Kota Yogyakarta.

    "Yogyakarta ini kaya nilai sejarah dan kesenian termasuk wayang kulit. Semoga pengunjung bisa menikmatinya," katanya.

    Penulis: Eko Budiono

    Editor: Elvira

     

    Berita Terkait

    Delegasi India: Indonesia Tetapkan Standar Tinggi di Penyelenggaraan DEWG G20

    "Praktis tanpa cela, semua agenda sukses terlaksana," kata salah satu Delegasi India, Naman Upadhyaya, kepada Kominfo Newsroom di Hotel Muli Selengkapnya

    [Berita Foto] Pantau Pembuatan HBS, Menkominfo Kunjung Boeing dan Space X

    Pada hari ini, Senin, (25/07/2022) waktu setempat, Menkominfo menyatakan telah mengadakan pertemuan dengan perusahaan Boeing dan SpaceX. Selengkapnya

    Tiba di Labuan Bajo, Menkominfo Akan Buka Pertemuan Ketiga DEWG G20

    Dalam kunjungan kerja kali ini, Menteri Johnny akan menghadiri dan membuka Pertemuan Ketiga Digital Economy Working Group Meeting (DEWG) Pre Selengkapnya

    Lantunan Gamelan Iringi Gala Dinner Delegasi DEWG G20

    Suasana gerimis di kawasan Candi Prambanan membuat para delegasi DEWG G20 fokus mendengarkan alunan alat musik yang tahun 2021 lalu diakui s Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA