FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 01-2021

    945

    Presiden: Jadikan Karakter Kebangsaan Dasar Pengembangan Talenta Unggul Indonesia

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta, Kominfo - Pengembangan talenta unggul dalam negeri harus didasari oleh karakter kebangsaan yang kuat. Supaya mampu menghadapi banyak tantangan yang datang silih berganti di tengah kondisi global yang dipenuhi dengan ketidakpastian.

    "Pengembangan talenta unggul Indonesia yang berkarakter kebangsaan yang kuat, inovatif, kompetitif dan mampu memenangkan kompetisi dunia yang penuh dengan disrupsi," ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran virtual dalam Rapat Terbuka Dies Natalis Ke-58 Universitas Brawijaya yang berlangsung di Malang, Selasa (05/01/2021).

    Menurut Kepala Negara, seluruh institusi pendidikan di dalam negeri hendaknya ikut berperan aktif dalam mewujudkan hal tersebut. Sehingga, setiap mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi dapat memiliki karakter kebangsaan yang kuat ke depannya.

    "Institusi pendidikan tingkat tinggi dapat meningkatkan kualitas SDM dengan kualifikasi seperti di atas," imbuhnya.

    Dengan partisipasi lembaga pendidikan tinggi terhadap penguatan SDM akan terbuka peluang besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui pendidikan adalah kunci dalam mengubah Indonesia menjadi negara maju.

    Dalam mengembangkan SDM, lanjut Presiden, para peserta didik harus juga diberikan kebebasan dalam belajar suatu hal yang baru dari orang yang memiliki kompetensi. Maksudnya, belajar dari para pelaku industri, praktisi, wirausahawan, dan pelaku lapangan lainnya.

    Melalui hal tersebut, akan membuka terjadinya kolaborasi dengan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah terhadap kondisi di lapangan. Bauran ilmu keduanya, tentunya akan bermanfaat bagi setiap individu dalam menghadapi berbagai kompetisi yang datang menghampiri.

    "Pendidikan harus dilakukan dengan cara-cara baru. Mahasiswa harus difasilitasi agar bisa belajar kepada siapa saja," pungkasnya.

    Berita Terkait

    Indonesia-Apple Jajaki Peluang Pengembangan Manufaktur dan Investasi Teknologi

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa Apple berencana untuk menambah Apple Developer Academy keempat sebagai i Selengkapnya

    Presiden Tinjau Arus Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen

    Dalam kunjungannya, Presiden melihat secara langsung kesiapan infrastruktur serta manajemen pelaksanaan mudik yang terpantau baik. Selengkapnya

    Semboyan Kemajemukan Sulut Sejalan dengan Prinsip Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

    Semboyan “Torang Samua Basudara”, betul-betul dijadikan semangat untuk mendorong pembangunan daerah oleh seluruh masyarakat dan jajaran Selengkapnya

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA