FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 09-2012

    1814

    Sabar... Kominfo Sedang Menguji iPhone 5

    Kategori Sorotan Media | admin

    Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan bahwa mereka tengah melakukan uji sertifikasi terhadap iPhone 5. Dengan demikian, ponsel jagoan Apple tersebut hampir dapat dipastikan tak akan lama lagi masuk Indonesia.

    Menurut Gatot S. Dewa Broto, Kepala Humas dan Pusat Informasi Kementerian Kominfo, pihaknya tengah menguji semua tipe iPhone 5, mulai dari yang memiliki storage 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. Termasuk untuk iPod Nano dan iPod Touch generasi terbaru.

    "Posisinya saat ini masih di balai uji," ujarnya kepada detikINET, Selasa (18/9/2012).

    Uji sertifikasi sendiri merupakan proses wajib yang harus dilalui setiap perangkat elektronik sebelum dijual ke pasar Indonesia. Ketika lulus uji, mereka kemudian mendapatkan semacam sertifikat yang biasanya ditandai dengan keberadaan stiker Kominfo di dalam perangkat tersebut.

    Untuk proses uji sertifikasi biasanya akan memakan waktu 30 hari. "Pemohon bisa langsung memonitor sudah sejauh mana prosesnya di internet. Ini sebagai bagian komitmen kita untuk transparansi," imbuh Gatot.

    Berdasarkan penelusuran detikINET, permohonan sertifikasi iPhone 5, iPod Nano dan iPod Touch terbaru tercatat sudah masuk ke Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika Kementerian Kominfo dengan update dokumen tertera 14 September 2012.

    Dari tabel informasi terlihat perusahaan yang mengajukan sertifikasi adalah Apple South Asia Pte, Ltd. Dengan manufaktur atau tempat asal produksi smartphone berasal dari China.

    "Sekarang prosesnya (uji sertifikasi iPhone 5-red.) memang belum selesai. Tapi setelah keluar sertifikasinya (setelah 30 hari), maka iPhone 5 baru boleh dijual di Indonesia. Sabar, sebentar lagi kok," Gatot menandaskan.

    sumber: http://inet.detik.com/read/2012/09/18/095417/2023458/317/sabar-kominfo-sedang-menguji-iphone-5?991104topnews

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Menteri Kominfo Ungkap Progres Pengembangan 5G di Indonesia

    Kominfo menyatakan, 5G sudah diuji coba untuk beberapa program di Indonesia. Menteri Johnny Plate pun mengungkapkan progres pengembangan tek Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA