FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 01-2012

    3312

    BI dan Kominfo Bicarakan Keamanan Sistem Pembayaran

    Kategori Sorotan Media | admin

    JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution mengatakan Bank Indonesia (BI) sedang menyiapkan langkah lanjutan demi mempersiapkan standar keamanan sistem pembayaran nasional. Pasalnya, kata Darmin, perkembangan industri sektor pembayaran dan teknologi sekarang ini cukup pesat.

    Menurut Darmin, pesatnya industri sistem pembayaran nampak dari jumlah kartu anjungan tunai mandiri (ATM) yang beredar di masyarakat telah mencapai 61 juta kartu dengan transaksi lebih dari 6,6 juta transaksi per hari. "Dengan nilai lebih dari Rp 7 triliun sehari. Adapun jumlah penerbit kartu ATM dan debet sampai November 2011 ada 98 penerbit," ujar Darmin, dalam acara peluncuran interkoneksi jaringan ATM Mandiri dan BCA, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin ( 16/1/2012 ).

    Dengan melihat perkembangan industri sistem pembayaran itu, ditambah dengan kian terkoneksi jaringan ATM antar bank seperti Bank Central Asia dan Mandiri, maka BI berkepentingan untuk menyusun standar yang menjamin keamanan masyarakat.

    "Saya kira sebagai regulator, kepentingan utama Bank Indonesia di dalam area ini adalah bagaimana menyusun standar yang menjamin security, efisiensi, yang menjamin juga kenyamanan bagi nasabah," tambah Darmin. Demi itu, BI pun dengan intensif berkomunikasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

    "Masih banyak yang harus kita persiapkan (dan) benahi. Yang intinya tetap saja pondasinya adalah security, efisiensi, daya saing dan perlindungan bagi perbankan nasional," tuturnya.

    Dukungan Kominfo, kata Darmin, akan sangat menentukan dalam langkah BI mempersiapkan penyempurnaan dalam area sistem pembayaran, termasuk yang menyangkut interkoneksi. "Dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika benar-benar sangat kita perlukan," pungkasnya.

    Untuk diketahui saja, dalam acara peluncuran interkoneksi BCA dan Mandiri, Menkominfo, Tifatul Sembiring pun turut hadir.

    http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/01/16/13342790/BI.dan.Kominfo.Bicarakan.Keamanan.Sistem.Pembayaran

    Berita Terkait

    Peran BAKTI Kominfo Mulai Dirasakan Publik

    Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastru Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA