FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 02-2016

    8254

    Anak-Anak Pengguna Internet Terus Bertambah

    Kategori Sorotan Media | Ibnu

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mendorong perlindungan anak dari konten-konten internet negatif yang masih banyak berseliweran di dunia cyber. 

    "Kemenkominfo juga mengharapkan partisipasi dari masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk ikut melindungi anak dari dampak negatif internet dan menjadikan internet sebagai sarana untuk mencerdaskan, meningkatkan kreatifitas dan produktifitas," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Bambang Heru Tjahjono, Kamis (11/2). 

    Berdasarakan data yang diperolehnya, saat ini pengguna internet di Indonesia sekitar 80-100 juta. Pengguna internet yang berumur 15-40 tahun mencapai 68 persen. Sementara di bawah 15 tahun sebanyak 10 persen dan sisanya pengguna umur 40 tahun ke atas.

    "Pengguna anak terus bertambah," katanya.

    Ia mengatakan, kementerian saat ini juga terus mendorong partisipasi publik dengan gerakan agen perubahan informatika. Gerakan ini diharapkan mampu meningkatkan pengawasan terhadap konten internet dan mendorong penggunaan internet untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

    Direktur Pemberdayaan Informatika Septriana Tangkary menyatakan, telah banyak kasus anak-anak yang terjadi akibat penggunaan internet yang tidak sehat.

    Mulai dari berbagai perilaku susila yang menyimpang baik itu pornografi, LGBT, perundngan (bullying) dan lainnya, yang mengakibatkan kerusakan moral dan mental generasi muda.

    Menurut dia, dengan internet yang, jutaan konten menghampiri setiap hari, bila tanpa pengawasan dari keluarga, konten-konten negatif akan menjadi tontonan yang pada akhirnya merusak generasi muda bangsa.

    Ia mengatakan, Kementerian Kominfo kini juga tengah mendorong program 'whitelist' nusantara. Daftar konten positif yang layak untuk anak-anak. Rencananya 'whitelist' nusantara ini akan digunakan untuk sekolah-sekolah, madrasah dan pondok pesantren.

    "Internet itu seperti pisau bermata dua," katanya.

    Sumber :  http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/02/11/o2d9se335-anakanak-pengguna-internet-terus-bertambah

    Berita Terkait

    Indonesia ajak Perancis bangun konektivitas nasional

    Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak pemerintahan Perancis membahas kerja sama antara dal Selengkapnya

    Bakti Kominfo Sabet Penghargaan Internasional

    Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambet penghargaan internasio Selengkapnya

    Menkominfo Resmikan Pembangunan Layanan Akses Internet di Woloklibang

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meninjau sekaligus meresmikan beberapa titik utilisasi akses internet di Kabu Selengkapnya

    Jumlah Pengguna PeduliLindungi Tembus 5% Pengguna Smartphone Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memaparkan jumlah pengguna aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi yang digunakan untuk pen Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA