FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 11-2015

    5165

    Ketahanan Infrastruktur Cyber Security Nasional

    Kategori Berita Kominfo | patr001

     Jakarta, Kominfo - Menghadapi dinamika ancaman dan tantangan keamanan Cyber Nasional yang terus meningkat, Kementerian Kominfo bersama Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/ Coordination Center (Id-SIRTII/CC) kembali mengadakan National Internet Security Day (NISD).Bertema”Building a Secure Cyber Ecosystem for All: Now and Then” kegiatan tahunan itu dilaksanakan di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (12/11).

    Acara ini dihadiri oleh para delegasi dari Malaysia, Brunei, Myanmar, Lao PDR, Kamboja, Vietnam, Thailand, Singapura, dan Philipina serta Jepang. Masing-masing delegasi dari Perwakilan Sekretariat ASEAN Yan Aryanto; perwakilan Japan Mission to ASEAN Koki Yoshida, Minister Counselor Deputy Chief of Mission, Mission of Japan to ASEAN Yukiko Okano, The Director of JAIF Management Team Setsuko Miyawaka, gamers dan partisipan lainnya.

    Dalam sambutannya, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kalamullah Ramli mengatakan National Internet Security Day adalah kegiatan national cyber yang mempertemukan stakeholders, sektor swasta, dan komunitas untuk mendiskusikan isu terkini cyber security. “Kita berdiskusi dan melihat isu-isu cyber security secara global. Kita juga mengeksplorasi tantangan cyber security dan bagaimana kita harus mengubah cara kerja kita,” tambahnya.

    Dirjen PPI juga mengatakan peningkatan penggunaan global mobile membuat ancaman internet menjadi berkembang dan meluas. "Oleh karenanya, kita harus bekerja dengan komunitas industri dan bisnis untuk mengembangkan standar dasar untuk critical infrastructure,” tegasnya.

     

    Penerima Penghargaan

    Pada acara tersebut diumumkan Lifetime Achievement Award dengan kategori Individu,  Asosiasi Industri, dan Komunitas. Kemudian Best Performance Award 2015 dengan kategori Coordination, Mitigation Capability, dan Responsiveness, serta pengumuman Cyber SEA Game 2015.

    Lifetime Achievement Award kategori individu diberikan kepada Prof. DR. Richardus Eko Indrajit. Sebagai sosok yang telah membesarkan Id-SIRTII pada masa awal berdiri, ia  pernah menjabat ketua Id-SIRTII pertama. Eko Indrajit mengenalkan Id-SIRTII ke banyak pihak sehingga Id-SIRTII dikenal baik di dalam maupun di luar negeri. Hingga saat ini, beliau terus peduli dan konsisten ikut berperan aktif mengembangkan cyber security di Indonesia.

    Lifetime Achievement Award Kategori Asosiasi Industri diberikan kepada Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang langsung diterima oleh Agus Budi Raharjo. APJII termasuk lembaga yang berperan besar dalam pendirian Id-SIRTII dan masih konsisten untuk ikut berkontribusi dan mendukung berbagai kegiatan Id-SIRTII secara khusus dan cyber security secara umum. Posisi APJII menjadi wadah bagi para pelaku industri yang terkait infrastruktur internet menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari peran Id-SIRTII untuk mengupayakan pengamanan infrastruktur internet di Indonesia.

    Lifetime Achievement Award Kategori Komunitas diberikan kepada IdCERT. Peran Id-CERT tidak bisa dipisahkan dari sejarah tumbuhnya computer incident response team di Indonesia. Id-CERT menjadi perintis dan pioneer lahirnya CERT di Indonesia yang berbasis komunitas dengan Dr. Budi Rahardjo sebagai motornya.

    Best Performance Award 2015 Kategori Coordination diberikan kepada Biznetworks yang diterima oleh Adi Kusma. Biznetworks aktif dalam melakukan koordinasi dan menghadiri berbagai pertemuan terkait incident response serta ikut aktif dalam berbagai kegiatan Id-SIRTII.

    Best Performance Award 2015 Kategori Mitigation Capability diberikan kepada Cyberindo Aditama (CBN) yang diterima oleh Doni Sumarsono. Cyberindo Aditama memiliki kemampuan mitigasi yang baik terhadap berbagai insiden report ataupun alert yang dikirim oleh Id-SIRTII terutama yang bersumber dari pengaduan masyarakat.

    Best Performance Award 2015 Kategori Responsiveness diberikan kepada PT Indosat Mega Media (IM2) yang diterima oleh Prayogi. IM2 memiliki respontime yang cepat terhadap setiap incident alert yang dikirim langsung dari hasil pemantauan sensor Id-SIRTII/CC.

    Dalam Cyber SEA Game 2015, sebagai Juara I adalah Vietnam, Runner Up I adalah Thailand, Runner Up II adalah Philipina, dan Runner Up III yang juga adalah pemenang Cyber Jawara yaitu Indonesia. (PS)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menteri Johnny Hadiri Indonesia Cybersecurity Conference 2022

    Selengkapnya

    Pembangunan Infrastruktur Masif di Era Kabinet Indonesia Maju

    Presiden Joko Widodo telah mengedepankan konsep Indonesiasentris, pembangunan tidak hanya berpusat di pulau Jawa dan Sumatra, contohnya pemb Selengkapnya

    Menteri Johnny Akan Tinjau Infrastruktur TIK di Kawasan Candi Borobudur

    Menkominfo akan membahas dukungan ekosistem komunikasi dan informatika untuk pengembangan kawasan Candi Borobudur. Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Yogyakarta, Menkominfo Agendakan Pantau Infrastrktur Telekomunikasi

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA