FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 03-2015

    2720

    Kemkominfo: Aturan TKDN Bertujuan Mulia untuk Tumbuhkan Produksi Lokal

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kemkominfo: Aturan TKDN Bertujuan Mulia untuk Tumbuhkan Produksi LokalJakarta, Kominfo - Pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemdag) telah menggodok kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen pada perangkat 4G.

    Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo, Sadjan, mengatakan bahwa aturan TKDN tersebut bertujuan mulia untuk menumbuhkan produksi lokal.

    Aturan TKDN diharapkan dapat memajukan produksi komponen lokal industri ponsel dalam negeri. Tujuannya mulia, kata Sadjan di Jakarta, Jumat (6/3).

    Menurutnya, aturan tersebut dilandasi kondisi komponen lokal dalam negeri yang masih belum bisa bersaing. Pasalnya, selama ini, produksi komponen lokal pada industri ponsel masih belum setara dengan vendor global.

    Kepentingan nasional belum sederajat dengan kepentingan asing. Kita ingin menunjukkan bahwa Indonesia bisa menghasilkan produk asli Indonesia. Ini perlu kesiapan SDM dan lainnya, ujarnya.

    Seperti diketahui, pemerintah melalui tiga kementeriannya, yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan, telah sepakat dengan kebijakan, bahwa komponen lokal pada handset 4G harus sebesar minimal 40 persen. Kebijakan pemerintah tersebut akan berlaku mulai 1 Januari 2017 (Az)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Menteri Prancis

    Dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (21/09/2022) itu kedua pihak membahas beragam Selengkapnya

    Kominfo Dorong Badan Publik Tingkatkan Keterbukaan Informasi

    Keterbukaan informasi adalah amanat UU, sehingga harus mendapat jaminan, meskipun 13 tahun setelah diundangkan, UU KIP tidak berjalan dengan Selengkapnya

    Menkominfo Apresiasi Peluncuran Layanan 5G untuk Sukseskan KTT G20

    Menkominfo mengharapkan peluncuran layanan telekomunikasi 5G itu dapat menyukseskan agenda Presidensi G20 Indonesia, yaitu pemulihan dan kon Selengkapnya

    Menkominfo Optimis Pertemuan Ketiga DEWG G20 Labuan Bajo Produktif

    Dalam Pertemuan ketiga DEWG yang digelar 20-22 Juli 2022 itu, hadir 20 delegasi negara-negara G20 terdiri atas 17 delegasi hadir fisik dan 3 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA