FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 03-2015

    3327

    Kemkominfo: Aturan TKDN Bertujuan Mulia untuk Tumbuhkan Produksi Lokal

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Kemkominfo: Aturan TKDN Bertujuan Mulia untuk Tumbuhkan Produksi LokalJakarta, Kominfo - Pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemperin) dan Kementerian Perdagangan (Kemdag) telah menggodok kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen pada perangkat 4G.

    Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo, Sadjan, mengatakan bahwa aturan TKDN tersebut bertujuan mulia untuk menumbuhkan produksi lokal.

    Aturan TKDN diharapkan dapat memajukan produksi komponen lokal industri ponsel dalam negeri. Tujuannya mulia, kata Sadjan di Jakarta, Jumat (6/3).

    Menurutnya, aturan tersebut dilandasi kondisi komponen lokal dalam negeri yang masih belum bisa bersaing. Pasalnya, selama ini, produksi komponen lokal pada industri ponsel masih belum setara dengan vendor global.

    Kepentingan nasional belum sederajat dengan kepentingan asing. Kita ingin menunjukkan bahwa Indonesia bisa menghasilkan produk asli Indonesia. Ini perlu kesiapan SDM dan lainnya, ujarnya.

    Seperti diketahui, pemerintah melalui tiga kementeriannya, yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan, telah sepakat dengan kebijakan, bahwa komponen lokal pada handset 4G harus sebesar minimal 40 persen. Kebijakan pemerintah tersebut akan berlaku mulai 1 Januari 2017 (Az)

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Bantuan OJK untuk Lunasi Pinjol

    OJK membantah soal bantuan bagi masyarakat untuk melunasi jeratan pinjol. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Pertandingan Piala Dunia U-17

    Gelaran itu menjadi salah satu peluang untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam kancah global. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA