FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 01-2015

    4884

    Menkominfo : 2017 TKDN Minimal 40 Persen Untuk Smartphone 4G yang Masuk Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo : 2017 TKDN Minimal 40 Persen Untuk Smartphone 4G yang Masuk IndonesiaJakarta, Kominfo - Tiga kementerian sepakat untuk menetapkan kebijakan sinergis soal tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) untuk semua ponsel 4G yang masuk ke Indonesia mulai 1 Januari 2017 nanti.

    Kesepakatan itu telah dicapai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan. Dalam pertemuan itu Kominfo diwakili oleh Menkominfo Rudiantara dan Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos Informatika Muhammad Budi Setiawan.

    "Saya dan Pak Budi Setiawan sudah duduk bersama dengan Pak Rachmat Gobel (Mendag) dan Pak M Saleh (Menperin)‎ agar sinkron soal aturan TKDN," kata Menkominfo Rudiantara usai breakfast meeting di Gedung Kominfo, Jakarta, Jumat (30/1).

    Kebijakan yang sudah disepakati itu adalah kewajiban untuk menghadirkan TKDN minimal 40% untuk smartphone 4G yang masuk ke Indonesia mulai 1 Januari 2017 nanti.

    "Kalau kurang dari 40%, Kementerian Perdagangan nggak akan kasih izin. iPhone mau nggak mau juga harus, kalau nggak ya nggak kita izinin. Ini berlaku untuk semua vendor," tegas Rudiantara.

    Kebijakan soal TKDN di 4G FDD-LTE ini sejatinya sama dengan kebijakan yang telah dikeluarkan sebelumnya untuk Broadband Wireless Access (BWA) di spektrum 2,3 GHz.

    "TKDN itu harus agar Indonesia tak hanya jadi pasar saja di era 4G ini. Apalagi setelah 4G untuk FDD-LTE ini sudah kita buka di 900 MHz dan menyusul di1800 MHz tak lama lagi," pungkasnya.(Ajo)

    Berita Terkait

    Menkominfo: Lima Segmen Fintech Indonesia Capai CAGR 39% Meski Masuki Tech Winter

    Indonesia mampu menghadapi pandemi Covid-19 secara progresif dan memanfaatkan sebagai momentum akselerasi digitalisasi sektor jasa keuangan. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Tinjau Persiapan 4th DEWG Meeting dan DEMM

    Menkominfo meninjau kesiapan pelaksanaan 4th DEWG Meeting dan DEMM. Selengkapnya

    Menkominfo Apresiasi Peluncuran Layanan 5G untuk Sukseskan KTT G20

    Menkominfo mengharapkan peluncuran layanan telekomunikasi 5G itu dapat menyukseskan agenda Presidensi G20 Indonesia, yaitu pemulihan dan kon Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia

    Menteri Johnny membahas kerja di sektor infrastruktur digital, skema pembiayaan untuk investasi Indonesia, dan General Data Protection Regul Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA