FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 12-2014

    5208

    Menkominfo: Pembentukan Badan Cyber Nasional Libatkan Beberapa Kementerian

    Kategori Berita Kominfo | brs

    Menkominfo: Pembentukan Badan Cyber Nasional Libatkan Beberapa KementerianJakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku pihaknya bersama beberapa kementerian terkait, sedang dalam tahap pembahasan dan melibatkan beberapa kementerian untuk membentuk Badan Cyber Nasional (BCN).

    Pasalnya, menurut Rudiantara, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menganggap persoalan Cyber tidak hanya bisa ditangani oleh satu kementerian saja.

    Badan Cyber Nasional itu tidak bisa hanya Kementerian Kominfo saja. Kami (Kemkominfo-red), lebih banyak fokusnya ke infrastruktur. Kita harus bicara juga dengan kementerian yang lain. Saat ini sudah mulai dibicarakan, dikoordinir oleh Menkopolhukam, ujar Rudiantara di Jakarta, Kamis (11/12).

    Mengenai status Badan Cyber Nasional, Rudiantara menganggap hal tersebut bukanlah suatu hal yang patut dipermasalahkan. “Berada di bawah apa, itu tidak penting. Yang penting, secara fungsional Badan tersebut jalan, kata Rudiantara.

    Dia memastikan, apabila BCN dibentuk, nantinya akan memiliki fungsi yang beda dengan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII).

    Keduanya akan saling melengkapi. Bagi saya, bagaimana merapikan, membuat yang ada ini menjadi compliment satu dengan yang lain agar efisien dan cepat, tuturnya.

    Sebelumnya, Kemenkopolhukam menyatakan niatnya untuk membuat Badan Cyber Nasional. Begitu pula komunitas TIK Indonesia mendesak pemerintah untuk segera membentuk BCN (Az).

    Berita Terkait

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Lanjutkan Program Prioritas Nasional, Kominfo Percepat Pemerataan Akses Internet

    Kementerian Kominfo capaian penyelesaian pembangunan BTS 4G berdasarkan data per 16 Juli 2023 sudah beroperasi 4.343 titik termasuk adanya Selengkapnya

    [Berita Foto] Pelantikan Dirut BAKTI Kementerian Kominfo

    Sebelumnya Fadhilah Mathar menjabat sebagai Direktur Sumber Daya dan Administrasi BAKTI Kementerian Kominfo. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA