FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 05-2017

    2217

    Pemerintah Pastikan Stok Pangan Puasa dan Lebaran Aman

    Kategori Berita Pemerintahan | Viska

    Jakarta, Kominfo -- Pemerintah memastikan ketersediaan stok/pasokan barang kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2017 dalam posisi aman. Hal itu sesuai instruksi langsung Presiden Joko Widodo kepada Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan.

    “Perintah Bapak Presiden, jaga ketersediaan dan stabilitas harga barang kebutuhan pokok, serta serap produksi dalam negeri. Kata kuncinya adalah serap produksi,” jelas Sekretaris Jenderal Kemendag Karyanto Suprih pada Forum Merdeka Barat 9, di Jakarta, Minggu (28/05/2017).

    Lebih lanjut Karyanto memaparkan, ada 4 langkah yang dilakukan oleh Kemendag dalam menjaga standarisasi harga dan ketersediaan bahan pokok, yaitu penguatan regulasi dengan menerbitkan peraturan menteri, penatalaksanaan dengan BULOG dan pelaku usaha, pemantauan dan pengawasan ke 34 provinsi di Indonesia, serta upaya khusus dalam penetrasi pasar ke pasar rakyat dan ritel modern.

    “Dari sisi regulasi, diterbitkan Permendag No. 20/2017 terkait kewajiban distributor mendaftar dan melaporkan kebutuhan dan ketersediaan bahan pokok, serta Permendag No. 30/2017 tentang tata tertib impor produk hortikultura,” jelasnya. Kemendag juga menerbitkan harga acuan pembelian bahan pokok di tingkat petani dan harga acuan penjualan di tingkat konsumen yang dituangkan dalam Permendag No. 27/2017.

    Selain itu, Kemendag juga mengadakan pertemuan dengan seluruh dinas-dinas perdagangan di Indonesia untuk melaporkan kondisi stok bahan pangan. Pertemuan tersebut salah satunya menghasilkan adanya komitmen dari pemerintah daerah dan provinsi untuk melapokan keadaan sehari-hari.

    Karyanto juga meminta agar media turut andil dalam menjaga situasi dalam pemberitaan terkait situasi pangan. “Teman-teman media tolong bantu kami, jangan sampai ada framing kalau mau Puasa, mau Lebaran itu harga naik,” tegas Karyanto.

    Senada dengan Karyanto, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono juga menyampaikan bahwa Kementan siap menjalankan perintah khusus dari Presiden Jokowi terkait stabilitas harga pangan agar lebih baik dari tahun sebelumnya.

    “Tahun ini memang sudah ada perintah khusus dari Presiden untuk bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Kami pemerintah mencoba menjaga agar masyarakat yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan tidak panik,” tandasnya.

    Kementerian Pertanian bersama dengan Kementerian Perdagangan telah melakukan rapat pembahasan mengenai strategi pemerintah menstabilkan harga dan stok komoditas pangan strategis menghadapi Puasa dan Lebaran 2017.Sujono menegaskan bahwa kondisi harga di pasar saat ini berada dalam situasi aman. “Yang jelas situasi harga aman, terkendali,” jelasnya.

    Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) pertama di bulan Ramadhan 2017 ini mengangkat tema Ketersediaan dan Distribusi Pangan Selama Ramadhan 2017. Turut hadir sebagai narasumber Direktur Operasional dan Pelayanan Publik BULOG, Karyawan Gunarso. (VY)

    Berita Terkait

    Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1445H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

    Menteri Yaqut berharap dengan hasil isbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan Idulfitri bersama-sama dengan penuh sukacita. Selengkapnya

    Semboyan Kemajemukan Sulut Sejalan dengan Prinsip Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

    Semboyan “Torang Samua Basudara”, betul-betul dijadikan semangat untuk mendorong pembangunan daerah oleh seluruh masyarakat dan jajaran Selengkapnya

    Jawa Timur Jadi Contoh Penerapan Keterpaduan Layanan Digital

    Digitalisasi harus dibarengi dengan pemangkasan proses bisnis, dan kedepan seluruh aplikasi akan diinteroperabilitaskan, dan tidak boleh sat Selengkapnya

    Presiden Minta Segera Integrasikan Layanan pada Portal Nasional

    Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika terdapat lebih dari 27.000 aplikasi yang ada di tingkat pusat dan daerah. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA