FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 05-2017

    2378

    Kominfo Gelar Apel Siaga Kesiapan Layanan Jelang Ramadhan dan Lebaran 2017

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo- Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menggelar apel siaga kesiapan jaringan telekomunikasi jelang ramadhan dan lebaran. Apel siaga yang rutin setiap tahunnya diadakan ini melibatkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) dan operator seluler (Telkomsel, Indosat, XL, H3I, SmartFren, SmartTel, Sampoerna Telekom).

    "Apel ini acara rutin untuk meningkatkan layanan  jaringan telekomunikasi khususnya pada musim lebaran. Karena mudik merupakan fokus kita semua, karena selain spesifik jumlah pemudik juga masif," kata Rudiantara saat membuka Apel Siaga Kesiapan Jelang Ramadhan dan Lebaran di Lapangan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta, Selasa (23/5/2017).

    Diperkirakan akan terjadi lonjakan jumlah pemudik yang menggunakan moda pesawat terbang. "Kereta api tidak tinggi lonjakannya karena kapasitasnya, begitu juga angkutan darat yang terbatas dari sisi infrastruktur. Meski demikian saya minta operator cek jaringan bukan hanya di bandara, tapi pelabuhan dan terminal juga harus disiapkan dengan baik," harap Menteri Rudiantara.

    Pengujian (drive test) ini dilakukan untuk memastikan performansi jaringan telekomunikasi dan kesiapan penyiaran khususnya untuk mengatasi peningkatan dan pergerakan trafik saat mudik lebaran dan arus balik lebaran 2017 termasuk kesiapan Pos dan dukungan kompomen masyarakat terkait seperti ORARI dan RAPI.

    Kegiatan pengujian akan dilakukan dalam rentang waktu pada bulan Mei 2017 pada : (1) titik keberangkatan mudik (Jakarta, Batam, Balikpapan), (2) jalur mudik dan arus balik (kereta api dan jalur darat), serta (3) titik kedatangan mudik (Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Padang, Lampung, Semarang). (VE)

    Berita Terkait

    Kominfo–Kemlu Siapkan Pola Registrasi Media dan Pengelolaan Website KTT ASEAN 2023

    Jumlah media yang akan terlibat dalam peliputan pertemuan kepala negara-negara kawasa ASEAN itu diprediksi tidak jauh berbeda ketika peliput Selengkapnya

    Besok, Kominfo Gelar Sosialisasi KUHP di Semarang

    Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk diskusi publik secara luring dengan menghadirkan sekitar 250 peserta. Selengkapnya

    Kominfo Telah Bagikan STB untuk 9 RIbu RTM di Surakarta

    Pembagian STB berlangsung sebelum penghentian total siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) pada 2 Desember 2022. Selengkapnya

    Kominfo Dorong APJATEL Tingkatkan Kualitas Layanan

    Pemerintah juga telah menjalankan peran untuk mendukung pengembangan industri telekomunikasi. Salah satunya dengan kehadiran Undang-Undang N Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA