FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 05-2017

    7336

    Penerbitan Portal www.cekrekening.id untuk Membantu Masyarakat Mendapat Informasi Rekening Bank yang Diduga Melakukan Tindakan Penipuan

    SIARAN PERS NO. 53/HM/KOMINFO/05/2017
    Kategori Siaran Pers

     

    SIARAN PERS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

    NO.   53/HM/KOMINFO/05/2017

    Tentang

    Penerbitan Portal www.cekrekening.id untuk Membantu Masyarakat  Mendapat Informasi Rekening Bank yang  Diduga Melakukan Tindakan Penipuan

     

    Berkenaan dengan maraknya penipuan dengan modus pemberian rekening untuk mentransfer atau membayar uang yang penyeberannya melalui SMS (Short Messaging Services) atau melalui kanal komunikasi lain yang dikirimkan kepada masyarakat luas, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan portal www.cekrekening.id yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana.

    Portal www.cekrekening.id bermanfaat kepada masyarakat, yaitu :

    1. Masyarakat dapat melakukan cek rekening ke portal tersebut apabila menerima SMS permintaan transfer atau pembayaran uang dari pihak lain yang tidak berkaitan dan tidak bertanggungjawab, sehingga masyarakat mendapatkan penguatan informasi mengenai nomor rekening yang berindikasi tindakan penipuan.
    2. Masyarakat dapat melaporkan nomor rekening berikut modus penipuan nya untuk kemudian dilakukan verifikasi apabila nomor rekening dan modusnya merupakan penipuan. Pelaporan ini juga juga dapat dilakukan oleh aparat penegak hukum, bank serta pengelola situs e-Commerce.

    Silakan masyarakat melakukan akses ke portal www.cekrekening.id untuk melakukan cek dan ricek.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk lebih bijaksana dalam melakukan transaksi transfer uang secara online. Sebelum mentransfer uang, jangan lupa untuk periksa ulang rekening penerima transfer tersebut di ww.cekrekening.id

    Para penyelenggara telekomunikasi juga dapat mendorong kewaspadaan kepada pengguna layanannya akan penipuan melalui SMS. Juga Penyelenggara Telekomunikasi agar melaporakan kepada Kementerian Kominfo apabila ada indikasi operasional SMS oleh pihak yang tidak bertanggungjawab yang bertujuan merugikan masyarakat secara materiil.

     

    Jakarta, 8 Mei  2017

    Biro Hubungan Masyarakat

     

    ***

    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo (Noor Iza, email noor.iza@kominfo.go.id, HP 0811.978.1518. tel fax : 021-3504024)

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 138/HM/KOMINFO/10/2020 tentang Keterbukaan Informasi Publik Jadi Modal Pemerintahan Digital Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keterbukaan informasi publik menjadi modal untuk mewujudkan pemerintahan digit Selengkapnya

    Siaran Pers No. 137/HM/KOMINFO/10/2020 tentang Hadiri Pertemuan ITU Digital World 2020, Menkominfo Sampaikan 4 Inisiatif Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan upaya Indonesia mempercepat transformasi digital sebagai upaya mengatasi pa Selengkapnya

    Siaran Pers No. 136/HM/KOMINFO/10/2020 tentang Lantik Widyaiswara Utama, Menkominfo: Butuh Widyaiswara Andal untuk Transformasi Digital Sektor Publik

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melantik Rosarita Niken Widiastuti dan Basuki Yusuf Iskandar menjadi Pejabat Fungsional W Selengkapnya

    Siaran Pers No. 135/HM/KOMINFO/10/2020 tentang Hadapi Infodemi Covid-19, Kominfo Gencarkan Literasi Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika meningkatkan upaya literasi digital guna menghadapi penyebaran infodemi Covid-19 di kalangan masyarak Selengkapnya