FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 05-2017

    8473

    Penerbitan Portal www.cekrekening.id untuk Membantu Masyarakat Mendapat Informasi Rekening Bank yang Diduga Melakukan Tindakan Penipuan

    SIARAN PERS NO. 53/HM/KOMINFO/05/2017
    Kategori Siaran Pers

     

    SIARAN PERS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

    NO.   53/HM/KOMINFO/05/2017

    Tentang

    Penerbitan Portal www.cekrekening.id untuk Membantu Masyarakat  Mendapat Informasi Rekening Bank yang  Diduga Melakukan Tindakan Penipuan

     

    Berkenaan dengan maraknya penipuan dengan modus pemberian rekening untuk mentransfer atau membayar uang yang penyeberannya melalui SMS (Short Messaging Services) atau melalui kanal komunikasi lain yang dikirimkan kepada masyarakat luas, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan portal www.cekrekening.id yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana.

    Portal www.cekrekening.id bermanfaat kepada masyarakat, yaitu :

    1. Masyarakat dapat melakukan cek rekening ke portal tersebut apabila menerima SMS permintaan transfer atau pembayaran uang dari pihak lain yang tidak berkaitan dan tidak bertanggungjawab, sehingga masyarakat mendapatkan penguatan informasi mengenai nomor rekening yang berindikasi tindakan penipuan.
    2. Masyarakat dapat melaporkan nomor rekening berikut modus penipuan nya untuk kemudian dilakukan verifikasi apabila nomor rekening dan modusnya merupakan penipuan. Pelaporan ini juga juga dapat dilakukan oleh aparat penegak hukum, bank serta pengelola situs e-Commerce.

    Silakan masyarakat melakukan akses ke portal www.cekrekening.id untuk melakukan cek dan ricek.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau masyarakat untuk lebih bijaksana dalam melakukan transaksi transfer uang secara online. Sebelum mentransfer uang, jangan lupa untuk periksa ulang rekening penerima transfer tersebut di ww.cekrekening.id

    Para penyelenggara telekomunikasi juga dapat mendorong kewaspadaan kepada pengguna layanannya akan penipuan melalui SMS. Juga Penyelenggara Telekomunikasi agar melaporakan kepada Kementerian Kominfo apabila ada indikasi operasional SMS oleh pihak yang tidak bertanggungjawab yang bertujuan merugikan masyarakat secara materiil.

     

    Jakarta, 8 Mei  2017

    Biro Hubungan Masyarakat

     

    ***

    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo (Noor Iza, email noor.iza@kominfo.go.id, HP 0811.978.1518. tel fax : 021-3504024)

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 335/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Bahas Keamanan Digital, Menkominfo Ajak Kolaborasi Multipihak Lindungi Warganet

    Pemerintah Republik Indonesia menekankan agar semua pihak meningkatkan kolaborasi untuk melindungi pengguna internet dari konten dan interak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 333/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Dukung Transformasi Peruri, Menkominfo: Manfaatkan Teknologi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendukung pengembangan produk dan pemanfaatan teknologi digital oleh Perum Percetakan Uan Selengkapnya

    Siaran Pers No. 332/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Maksimalkan Manfaat 5G, Menkominfo: Pemerintah Galang Sinergitas 3 Bidang

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan guna memaksimalkan manfaat 5G di Indonesia, Pemerintah menggalang sinergitas a Selengkapnya

    Siaran Pers No. 331/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Percepat Transformasi Digital, Dirjen SDPPI: Tingkatkan Inovasi Pengelolaan Spektrum Frekuensi Radio

    Ketersediaan infrastruktur dan manajemen spektrum frekuensi radio jadi elemen penting transformasi digital di Indonesia. Direktur Jenderal S Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA