FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 03-2017

    3336

    Menkominfo Dorong Mahasiswa Kuasai Regulasi Ekonomi Digital

    Kategori Berita Kominfo | daon001

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan teknologi digital berperan penting dalam penyebaran informasi positif dan negatif secara cepat. Seiring perkembangan zaman yang kian pesat, pemanfaatan teknologi telah mengubah beberapa kebiasaan lama. "Kini, masyarakat lebih banyak menggunakan dunia digital seperti interaksi dan komunikasi," kata Menteri Kominfo dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara 7 Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Huawei Indonesia di Gedung Kemenristekdikti, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2017).
    Nota Kesepahaman itu merupakan bagian dari Program SmartGen Huawei yang akan melakukan pelatihan untuk 2000 mahasiswa baik di Indonesia maupun di Tiongkok. Menteri Rudiantara meminta agar kerjasama itu menjadi jembatan antara mahasiswa dan pihak industri di Tiongkok. "Sehingga kita juga bisa belajar bagaimana China mengelola regulator untuk men-support ekonomi digital di China," tuturnya.
    Menteri Rudiantara berharap program itu dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di tanah air, khususnya di bidang TIK. “Saya harap mahasiswa dan mahasiswi yang mengikuti program ini bukan hanya fokus pada teknologinya saja, tetapi belajar tentang sosial dan budaya di Indonesia. Artinya, mahasiswa juga memahami tentang membuat berbagai kebijakan di sektor digital teknologi ini sendiri,” pinta Rudiantara.
    Tak hanya itu, melalui kerjasama itu Menteri Kominfo mendorong setiap mahasiswa menjadi talent dalam pengembangan digital ekonomi maupun transformasi sosial di Indonesia.  “Bukan hanya digitalnya saja, masyarakat juga harus di-transform dan disiapkan dari sekarang karena ekonomi digital tidak bisa dicegah. Untuk itu PT Huawei menyediakan fasilitas di Tiongkok bukan hanya untuk teknologi tetapi juga untuk sosial,” papar Rudiantara.
    Nota Kesepahaman antara Huawei Indonesia dilakukan dengan tujuh perguruan tinggi yaitu, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Telkom (Tel U), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).(ddh)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA