FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 02-2017

    3135

    Menteri Kominfo Sosialisasi Palapa Ring Paket Timur

    Kategori Berita Kominfo | Viska

    Manokwari, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Infor matika Rudiantara melakukan sosialisasi Proyek Palapa Ring Paket Timur di Manokwari, Papua Barat, Jumat (24/02/2017).

    Menurut Rudiantara, pemerintah menargetkan pembangunan Palapa Ring selesai pada tahun 2019. "Tahun 2019 dari 514 kabupaten harus sudah terhubung dengan akses internet kecepatan tinggi. Saat ini baru 400 jadi ada 114 lagi," katanya.

    Dalam acara yang berlangsung di Gedung PKK dan Auditorium Provinsi Papua Barat itu, Menteri Rudiantara menegaskan peran pemerintah daerah dalam Proyek Palapa Ring. "Ini hanya bisa kita implementasikan bila ada bantuan dari para bupati, kepala dinas kominfo, yang mempunyai ijin untuk membangun," paparnya.

    Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Setda Prov Papua Barat Fransiskus Kosamah mengatakan kesanggupannya mendukung pembangunan Palapa Ring. "Kami dari Pemda berupaya supaya terakses jaringan di daerah kami, merupakan tanggung jawab kami untuk siap dan berkolaborasi dalam pembangunan Proyek Palapa Ring," tegasnya.

    Proyek Palapa Ring merupakan salah satu proyek strategis nasional yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksana Proyek Strategis Nasional.

    Pembangunan jaringan serat optik Palapa Ring Timur akan menjangkau 35 kota di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat hingga pedalaman Papua, dengan total panjang kabel serat optik sekitar 8.454 km dan kapasitas bandwith 80 Gbps. (PS)

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA