FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2017

    1906

    Cara Pemerintah Benahi Persoalan Harga Pangan Lewat Aplikasi

    Kategori Sorotan Media | rosidah

    Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menilai permasalahan pangan tidak cukup hanya dengan keberadaan infrastruktur semata. Namun demikian, perlu ada upaya dan langkah lebih dalam guna mengentaskan persoalan tersebut sehingga masyarakat tidak lagi terbebani hal seperti ini.

    Adapun permasalahan harga pangan di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Persoalan ini memang perlu ditekan sedemikian rupa mengingat memiliki pengaruh terhadap pergerakan inflasi.

    Menurut Menko Perekonomian Darmin Nasution, membenahi permasalahan pangan tak cukup dengan infrastruktur yang mulus tapi juga perlu masuk ke area menekan rantai pasok yang selama ini terlalu mengular.

    Terkait persoalan ini, Darmin menginginkan adanya upaya yang semakin masif penggunaan aplikasi untuk menekan rantai pasok. Darmin mengklaim sudah berdiskusi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

    "Saya sudah bicara dengan Rudiantara, kita enggak bisa cuma membangun infrastruktur Palapa Ring dan kita mulai harus membangun aplikasi," kata Darmin, dalam rapat kerja Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Selasa, 21 Februari 2017.

    Nantinya, lanjut Darmin, aplikasi tersebut bukan hanya berisi mengenai harga dari para pengumpul saja. Namun, juga akan ada alamat serta nomor telepon para pengumpul. Adapun persoalan selama ini lantaran petani kebingungan untuk memasarkan hasil panennya dan terpaksa menjual dengan harga yang murah kepada para tengkulak.

    Akibatnya, masih kata Darmin, nilai tukar petani makin merosot. Bahkan parahnya, harga jual kebutuhan pokok tetap mahal karena para tengkulak memainkan harga dengan cara menimbun pasokan. Maka, Darmin ingin adanya aplikasi distribusi pangan agar tengkulak tak beraksi lebih jauh.

    "Susah kalau panen dulu terus baru cari pembeli (pengumpul), yang ada penekan (tengkulak) yang datang," jelas dia.

    Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/eN47A2oK-cara-pemerintah-benahi-persoalan-harga-pangan-lewat-aplikasi

    Berita Terkait

    Kominfo Uji Coba Penyampaian Informasi Kebencanaan Lewat SMS Blast

    Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mi Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Akses Internet di Puskesmas dan Rumah Sakit

    Pemerintah berkomitmen mengakselerasi akses internet di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di seluruh wilayah Indonesia, yakni di puske Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA