FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 02-2017

    2498

    Kebijakan Roadmap E-Commerce Dukung Jasa Logistik

    Kategori Sorotan Media | rosidah

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah optimistis bahwa Paket Kebijakan XIV tentang e-commerce dijamin akan menstimulus pertumbuhan bisnis logistik dengan platform utama PT Pos Indonesia (Persero) sebagai tulang punggung bagi bisnis jasa kurir swasta.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan Paket Kebijakan XIV yang berisikan peta jalan atau roadmap industri e-commerce ini akan sangat membantu pertumbuhan jasa kurir dan logistik ke daerah-daerah.

    “Kita lihat untuk mengembangkan digital ekonomi khususnya e-commerce, kita harus punya logistic platform khususnya regulator adalah Kominfo,” kata Menteri Rudiantara kepada Bisnis di Rumah Perubahan, Minggu malam (19/2).

    Menkominfo Rudiantara menilai pentingnya logistic plaform di Indonesia akan didukung dengan peraturan dari pemerintah. Oleh sebab itu PT Pos Indonesia (Persero) harus dikembangkan sebagai logistic platform dari yang awalnya hanya fokus pada industri pos. Dia menyebut Posindo bisa mencontoh beberapa pemain lain yang bukan hanya menguasai pasa domestik tetapi juga menciptakan iklim usaha seperti Bundespost di Jerman.

    “Kita harus punya platform karena kita adalah negara kepulauan, sementara pemain logistik saat ini [jasa kurir eksisting ataupun berbasis aplikasi] hanya pilih-pilih yang bisa menguntungkan mereka, kita harus lihat keseluruhan. Maka pemain-pemain kecil ini bisa jadi bagian dari Posindo,” ungkapnya.

    Menurutnya, pertumbuhan bisnis pada era disruptif ekonomi ini akan menyebabkan banyak jasa kurir berbasis teknologi milik perusahaan asing masuk ke Indonesia. Hal itu bisa diatasi dengan pemanfaatan e-leadership oleh pemerintah dan juga pelaku usaha.

    “Tugas kita adalah melakukan perubahan, termasuk misalnya perubahan undang-undang untuk menambah nilai tambah bagi masyarakat,” tuturnya.

    CEO NEX Logistics, Noni Sri Aryati Purnomo mengatakan jika Posindo akan juga meraup pasar jasa kurir maka Posindo juga akan menjadi kompetitor bagi pelaku usaha lain.

    Sebaliknya, jika Posindo sebagai platform diarahkan menjadi pengembang jasa kurir di daerah-daerah pinggiran, maka hal itu bisa menstimulus perusahaan jasa kurir swasta berekspansi ke daerah tersebut.

    “Kita harapan Pos memberikan fasilitas dan cabang-cabang yang tidak bisa dihandle oleh private company. Kalau begitu barulah menghidupkan logistik nasional bisa tercapai,” kata Noni kepada Bisnis.

    Dia meyakini NEX Logistics yang saat ini sudah memiliki lima kantor cabang di lima kota bisa berekspansi ke kota-kota lain jika Posindo merintis iklim bisnis di lokasi baru.

    "Jadi untuk daerah-daerah yang kita belum punya mungkin kita akan mengirim ke Pos Logistics [anak usaha Posindo], jadi sebenarnya hal itu membantu kita juga," sambungnya.

    Dia menjelaskan, pasar e-commerce memang sangat besar dan masih terus bertumbuh. Seperti halnya platform logistik di Singapura yaitu Singapore Post mendominasi pasar, tetapi industri jasa kurir swasta juga masih tumbuh.

    Oleh sebab itu, Presiden Direktur Blue Bird Group Holdings ini meyakini bisnis jasa kurir yang baru dirintisnya dua tahun terakhir ini masih bisa tumbuh dengan baik hingga tiga tahun yang akan datang.

    “Pasarnya sangat besar kok, nanti yang akan menentukan itu kualitasnya. Kalau kita fokus di kualitas, orang pasti akan memilih [layanan] kita,” pungkasnya.

    Sumber: http://industri.bisnis.com/read/20170220/98/630284/kebijakan-roadmap-e-commerce-dukung-jasa-logistik-

    Berita Terkait

    Kecerdasan Buatan Dukung Layanan Kesehatan Saat Pandemi

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa kecerdasan buatan (artificial intelegence/AI) juga memil Selengkapnya

    Gerakan Bagimu Negeri Usung Semangat Nasionalisme

    Munculnya ancaman dan krisis ideologi yang dihadapi bangsa ini telah mendorong terbentuknya Gerakan Bagimu Negeri. Tujuan Gerakan Bagimu Neg Selengkapnya

    Kemenkominfo dukung Desa Digital di Sukabumi

    Selengkapnya

    Kemkominfo Dukung Pengembangan Desa Digital

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA