FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 01-2017

    4128

    Menkominfo: Komunikasi Bergantung Konten dan Infrastruktur

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Kendari, Kominfo- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai di Indonesia masalah komunikasi akan selalu berkait dengan dua hal yaitu konten dan infrastruktur. "Saat bicara komunikasi ada dua hal yang terkait yaitu konten dan infrastruktur. Tanpa infrastruktur, komunikasi tidak bisa disampaikan. Sedangkan tanpa konten berupa pesan maka komunikasi menjadi hampa," ungkapnya dalam Seminar Nasional dan Call for Paper "Komunikasi untuk Merajut Ke-Indonesiaan" di Swiss Bell Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (25/01/2017).

    Menkominfo mengajak masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial terutama dalam berbagi konten. "Saat ini ada distrust dari masyarakat akan koran dan media mainstream. Jadi masyarakat mencari informasi di tempat lain yang diyakini benar seperti media sosial," terangnya.

    Mengenai konten yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dalam bentuk hoax, Menteri Rudiantara kembali menegaskan perlunya keterlibatan komunitas. "Terkait berita hoax, perlu ditangani secara komunitas, karena pemblokiran bukan hal akhir. Saya mendorong komunitas untuk membuat kode etika bermedia sosial. Bagi masyarakat sendiri bisa cek berita itu hoax atau tidak mll www.beritahoax.id," ungkap Rudiantara.

    Rudiantara menjelaskan, saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-4 dari sisi infrastruktur telekomunikasi. "Misi kita pada 2019 kita bisa menjadi nomor 2 setelah Singapura. Oleh karena itu, kesenjangan akses infrastruktur telekomunikasi harus diatasi. Melalui Palapa Ring semua Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia akan memiliki akses broadband," jelasnya.

    Untuk wilayah Kendari sendiri serta delapan daerah kabupaten di sekitanya juga akan dibangun akses internet melalui kabel laut.  "Saya minta bantuan para bupati mempermudah urusan perizinan, karena pada kabel laut akan ada landing stage. Selain itu saya minta kepada konsorsium untuk menggunakan kontrakor lokal untuk pembangunannya," ujarnya.

    Pada kesempatan yang sama Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam menambahkan bahwa komunikasi adalah kunci kehidupan dan harus menyerap ideologi bangsa. "Penggunaan media sosial bisa menjadi ancaman. Negara harus hadir untuk menjaga ke-Indonesiaan kita. Kita harus meluruskan komunikasi kita agar Indonesia tetap berdiri tegak." tambahnya.  (VE)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA