FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 01-2017

    20193

    3 Langkah Penting untuk Memerangi Hoax

    Kategori Sorotan Media | yovita

    Jakarta - Berita palsu, atau hoax, yang kerap beredar luas lewat media sosial menjadi keprihatinan bersama. Untuk melawan hoax ini, menurut pengamat media sosial Nukman Luthfie, perlu strategi jangka pendek dan jangka panjang. 

    Berikut tiga langkah jangka pendek untuk memerangi hoax:

    1. Penegakan hukum

    "Kita punya hukum, tegakkan. Jangan tebang pilih," kata Nukman. Indonesia memiliki sejumlah instrumen hukum untuk mengatasi berita bohong, seperti Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE) dan KUHP.

    Menurut dia, menegakkan hukum terkait penyebaran hoax adalah dengan menangkap pembuatnya, bukan hanya orang yang menyebarkan kabar tersebut.

    2. Melibatkan penyelenggara platform

    Penyebaran hoax banyak terjadi di media sosial, untuk itu ia berharap penyelenggara platform tersebut dilibatkan untuk melawan hoax, misalnya pemerintah memberlakukan denda bagi penyelenggara media sosial yang tidak melakukan langkah yang cukup untuk meredam informasi tidak benar.

    3. Edukasi masyarakat

    Selain itu, perlu ada edukasi bagi masyarakat untuk melapor bila menemukan hoax dan pelakunya. Pengguna internet dapat melapor ke aduankonten@mail.kominfo.go.id dengan menyertakan tautan dan foto gambar tersebut. Selain melalui jalur pemerintah, sekarang ini muncul gerakan masyarakat yang peduli terhadap peredaran berita palsu, antara lain adalah Masyarakat Indonesia Anti Hoax.

     

    Ketiga langkah yang disebutkan di atas, menurut Nukman, adalah langkah jangka pendek untuk melawan hoax. Untuk jangka panjang, ia menyarankan literasi masyarakat mengenai informasi, media dan media sosial. Ia menilai masyarakat Indonesia tergolong rendah literasi ketiga hal itu.

     

    Sumber:https://tekno.tempo.co/read/news/2017/01/22/072838600/3-langkah-penting-untuk-memerangi-hoax

    Berita Terkait

    DPR Apresiasi Langkah Kemenkominfo Tingkatkan Ekonomi Digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI, Toriq Hidayat memberikan apresiasi terhadap sejumlah langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan I Selengkapnya

    Kominfo Dukung Langkah KPU Tingkatkan Infrastruktur Teknologi Informasi

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pembenahan di pusat maupun daerah guna mendukung lancarnya Pemilihan Serentak 2020. Pembenahan tersebu Selengkapnya

    Kominfo gandeng perusahaan teknologi untuk Digital Talent Scholarship

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menggandeng perusahaan teknologi IBM untuk meningkatkan keterampilan, keahlian angkat Selengkapnya

    Kominfo dorong Telemedisin untuk akselerasi transformasi digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan pengembangan solusi kesehatan dengan pemanfaatan teknologi menjad Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA