FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 01-2017

    9803

    Digitalisasi adalah Kunci

    Kategori Sorotan Media | yunita

    Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, agar Indonesia bisa memiliki daya saing dengan negara lain, maka ekonomi harus efisien dan digitalisasi adalah kuncinya. 

     

    "Selama ini kontribusi dari sektor komunikasi dan informasi menyumbang sekitar 4% dari GDP. Tahun depan mudah-mudahan akan semakin besar," katanya di acara Indonesia Digital Economy Forecast 2017 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (19/1/2016).

     

    Sementara pada 2020, lanjut menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut, sekitar 10%-12% ekonomi akan disumbang oleh sektor digital baik device, network, aplikasi hingga penyiaran digital.

     

    Agar target itu tercapai, perlu upaya-upaya yang tidak biasa agar industri telekomunikasi tumbuh sehat. Harga dapat turun, pengguna makin banyak karena tarif makin terjangkau (affordable).

     

    Pada kesempatan yang sama, Rudy Salahuddin, Deputi IV Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Ekonomi menyebutkan bahwa untuk mencapai visi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar digital di Asia Tenggara 2020 fokusnya adalah pada penguatan pelaku usaha lokal. 

     

    "Sejumlah program prioritas kami siapkan seperti pertumbuhan e-commerce, industri kreatif, keuangan inklusif, UMKM Go Digital dan penguatan perusahaan pemula (startup)," ungkap doktor lulusan George Washington University ini. 

     

    Sejumlah tantangan butuh diselesaikan dengan sinergi berbagai pihak seperti meratanya akses internet kecepatan tinggi dan literasi teknologi informasi dan komunikasi agar cerdas memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan.

     

    Smart City

     

    Sementara menurut anggota Dewan TIK Nasional (Wantiknas) Garuda Sugardo, salah satu yang menjadi perhatian pihaknya adalah penerapan smart city. 

     

    "Masalah smart city di berbagai kota di Indonesia adalah perlu ada standar yang disepakati dalam penerapan kota cerdas,"ungkapnya. 

     

    Garuda menambahkan kalau dalam pengembangan ekonomi digital, alangkah eloknya bila ada keberpihakan industri pada pengembangan infrastruktur dalam negeri. 

     

    Sementara dari sisi jaringan, menurut Muhammad Danny Buldansyah, Deputi CEO Hutchison 3 Indonesia sekaligus Sekjen Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) ada beberapa kendala yang membuat industri telekomunikasi, khususnya operator sulit bergerak. 

     

    "Tingginya biaya infrastruktur dalam memberikan data yang berkuatlitas dan harga terjangkau ke masyarakat,"ungkapnya.

     

    Sinergi 

     

    Sedangkan dari sisi penyediaan perangkat (device), Lee Kang Hyun, Vice President Samsung Indonesia mengatakan bahwa sinergi dari pemerintah selaku regulator, operator, dan penyedia ponsel seperti pihaknya harus berjalan dengan baik. 

     

    "TKDN pada 4G mendorong penetrasi 4G hingga mencapai 72% di akhir tahun 2016. Jadi, artinya kini semakin banyak ponsel 4G yang berada di konsumen," katanya. 

     

    Pendapat itu diamini oleh Tjandra Lianto, Marketing Director Advan bahwa pihaknya terus menerus mencari insight dari konsumen untuk memproduksi ponsel sesuai kebutuhan konsumen. 

     

    "Ekosistem digital harus diciptakan dengan citarasa lokal dan membumi," katanya.

     

    Dari sisi kebijakan, menurut Muhammad Syarkawi Rauf, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), pihaknya menggarisbawahi bahwa di industri telekomunikasi tarif atau harga ke konsumen jadi sinyal apakah industri punya kecenderungan praktek-praktek bisnis yang melanggar aturan. 

     

    "Concern kami saat ini yang harus diselesaikan adalah tarif interkoneksi, tarif off-net, frekuensi dan network sharing," ungkapnya. 

     

    Berbagi Jaringan

     

    Tentang sinergi industri telekomunikasi ini, pendapat Agus Pambagio, pengamat kebijakan publik adalah bagaimana mendorong PP No. 52/2000 dan PP No. 53/2000 segera disahkan. Karena menurutnya, tata kelola teknologi telekomunikasi saat ini tidak dapat didekati dengan aturan yang lama. 

     

    "Perlu didorong ke pemerintah agar PP ini segera disahkan," tandasnya. 

     

    Dalam pandangan Nonot Harsono, akademisi sekaligus Chairman Mastel Institute, network sharing dalam sebuah bisnis telekomunikasi adalah keniscayaan.

     

    "Yang perlu dibutuhkan sekarang adalah competitive culture yang memungkinkan industri telekomunikasi bergerak dinamis di masa depan," ujarnya.(afr/rou)

    sumber : https://inet.detik.com/telecommunication/d-3400631/digitalisasi-adalah-kunci

    Berita Terkait

    Sosialilasikan 3M Melalui Seni Calung

    Program Pemulihan Ekonomi Nasional Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menggiatkan aktifitas kesenian, salah satunya Pertunju Selengkapnya

    Kominfo digitalisasi kawasan Mandalika

    Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di Kawasan Destinasi Selengkapnya

    Transformasi Digital Dorong Telemedis Jadi Solusi Layanan Kesehatan

    JAKARTA - Pemerintah mendorong pengembangan telemedis sebagai solusi kesehatan dengan pemanfaatan teknologi di tengah pandemi Covid-19, yang Selengkapnya

    Kominfo Fokus Digitalisasi Nasional Selama Pandemi

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI akan lebih berfokus pada visi Digitalisasi Nasional di masa pandemi virus corona baru (C Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA