FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 01-2017

    2363

    Program Infrastruktur Telekomunikasi Ditargetkan Rampung

    Kategori Sorotan Media | yunita

     Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menargetkan program pembangunan infrastruktur telekomunikasi di kawasan timur Indonesia rampung pada 2019. 

     

    Seperti dikutip Antara, target yang dibuat tersebut dalam rangka menekan tarif bertelekomunikasi yang masih tergolong mahal di wilayah timur Indonesia.

     

    "Tahun 2019 kita harapkan tarifnya tidak jauh berbeda antara Indonesia bagian barat dan timur," kata Rudiantara.

     

    Menurut dia, perusahaan operator selular menganggap biaya membangun sarana telekomunikasi di wilayah timur Indonesia, jauh lebih mahal dibanding di wilayah barat Indonesia. Hal itu juga yang menyebabkan perbedaan tarif bertelekomunikasi antarwilayah.

     

    "Kita berharap kalau infrastruktur sudah ada dengan dana subsidi pemerintah, harga yang berlaku tidak berbeda antarwilayah di Indonesia," ujarnya.

     

    Rudiantara menegaskan, upaya membangun infrastruktur telekomunikasi di Kawasan Timur Indonesia, sebagai salah satu bentuk kebijakan pemerintah yang berpihak kepada rakyat."Pemerintah membuat kebijakan berpihak agar semua masyarakat Indonesia mendapat akses telekomunikasi yang sama," ucapnya.

     

    Dengan dibangunnya infrasktruktur telekomunikasi, Rudiantara juga berharap e-commerce atau bisnis melalui internet bisa lebih cepat berkembang dan merata di seluruh Indonesia dengan tarif internet yang relatif murah.

     

    "Tahun 2019, semua kabupaten harus punya akses internet yang cepat. Dengan begitu, kita bisa mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah mengembangkan e-commerce," katanya.

     

    Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menggandeng komunitas, asosiasi dan organisasi dalam upaya mengembangkan e-commerce di Indonesia. Sebab, e-commerce diprediksi akan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia sebesar Rp1.500 triliun pada 2020.

     

    "Pemerintah membuat peta jalan terkait e-commerce, sedangkan asosiasi melakukan akreditasi," kata Rudiantara.

     

    sumber : http://www.netralnews.com/news/ekonomi/read/48723/program.infrastruktur.telekomunikasi.ditargetkan.rampung.2019

    Berita Terkait

    Infrastruktur TIK Daerah Wisata Superprioritas Dikebut

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan Kemenkominfo terus mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur teknologi i Selengkapnya

    Kominfo Dukung Langkah KPU Tingkatkan Infrastruktur Teknologi Informasi

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pembenahan di pusat maupun daerah guna mendukung lancarnya Pemilihan Serentak 2020. Pembenahan tersebu Selengkapnya

    Menkominfo RI Dukung Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Pariwisata Desa Pagerharjo Kulon Progo

    Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI), Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja dalam mendukung infrastruktur Selengkapnya

    Kominfo Bangun Infrastruktur Digital di 41 Desa di DIY

    KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan perhatian yang serius pembangunan infrastruktur digital di Daerah Istimewa Yogya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA