FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    10 01-2017

    4631

    Tangani Hoax, Pemerintah Sosialisasi Literasi dan Konsultasi Publik

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah fokus untuk menggunakan sosialisasi literasi dan konsultasi publik untuk menangani penyebaran hoax.  “Yang dilakukan pemerintah untuk menangani hoax pertama dengan melakukan pendekatan sosialisasi literasi dan hal kedua yaitu konsultasi dengan publik atau stakeholder”, papar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam diskusi bertajuk News or Hoax di Media Center Gedung Nusantara III DPR/MPR RI Jakarta, Selasa (10/01/2017).

    Pilihan langkah itu bukan tanpa alasan. Menurut Menkominfo langkah sosialisasi literasi lebih baik dibandingkan pemutusan akses situs. "Dalam dunia maya tidak boleh gebyah uyah (menganggap semua sama), di mana dalam media sosial terdapat messaging system untuk publik dan pribadi, dan media harus menepatkan Dewan Pers sebagai lokomotif pers," jelasnya.

    Pemerintah dalam hal ini membantu pengawasan konten, walaupun belum menjangkau seluruh media, baru kepada media elektronik saja. "Kedepannya pengawasan akan terus diperluas  hingga pada independensi pemilik modal media," jelas Menteri Rudiantara.

    Pada kesempatan itu Ketua Dewan Pers, Josep Adi Prasetyo mengatakan bahwa media juga harus mendukung keputusan bersama yang sudah disepakati. "Sementara Dewan Pers bertugas mengawasi Pers yang ada di Indonesia, media harus mengurus badan hukumnya, agar mendapat verifikasi dari dewan pers," jelasnya.

    Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari juga mempertegas bahwa masyarakat harus mendapatkan berita yang benar tanpa unsur kebohongan, “seluruh masyarakat percaya pada media mainstream. Tapi saat ini masyarakat berkurang kepercayaannya kepada media tersebut dan akhirnya mereka menikmati hoax.", ujarnya.

    DPR ingin melindungi rakyat dari berita bohong. Rakyat tidak mengkonsumsi hoax, bahkan wartawan pun akan menjadi acuan atau referensi. Hal tersebut dikatakan Kharis sebagai penutup diskusi siang ini.(Biro Humas -Sina)

     

    Kett Foto: Diskusi bertajuk News or Hoax dengan pembicara Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan Ketua Komisi I DPR RI  Abdul Kharis Almasyhari dan moderator Wartawan Parlemen Romdony Setawan, di Media Center  DPR RI Gedung Nusantara III, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (10/01/2017)

    Berita Terkait

    Awas Hoaks Mobilisasi Taruna STIN dalam Pemilu 2024!

    STIN menegaskan mereka hanya melaksanakan hak konstitusional dan menggunakan hak pilihnya, bukan melakukan operasi intelijen seperti yang di Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Puji WHOOSH, Menteri Budi: Momentum Kemajuan Transportasi Publik

    Menkominfo optimis jalur KCJB dapat terhubung ke beberapa kota lain selain Jakarta-Bandung. Selengkapnya

    [Berita Foto] Sosialisasi Pemilu 2024, Kominfo Undang Pemimpin Media

    Menteri Mahfud MD mendorong kolaborasi untuk menciptakan ekosistem yang memungkinkan masyarakat memilih pemimpin dan wakil serta pemimpin ya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA