FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    02 07-2016

    22390

    Jalan dan Jembatan di Seluruh Daerah Siap Dilalui Pemudik

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan dan jembatan di jalur mudik sepanjang 18.317,7 kilometer di seluruh daerah secara umum dalam kondisi mantap dan siap dilalui pemudik.

    Angka tersebut terdiri dari 7.961 kilometer jalan dan 42,70 kilometer jalan tol di Sumatera, 7164 kilometer dan 668 kilometer jalan tol di Jawa Bali, dan 2.482 kilometer di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan."secara umum jalan nasional kita sudah siap dilalui pemudik," papar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H. Sumadilaga dalam konferensi pers persiapan mudik lebaran 2016 di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Jumat(01/07/2016).

    Ia mengatakan ada penambahan beberapa ruas tol diantaranya Pejagan-Brebes Timur, Surabaya-Mojokerto dan Kertosono -Mojokerto yang beroperasi penuh. Kemudian Bawean - Salatiga dan Solo -Kertosono yang beroperasi secara fungsional. "Meski jalan tol Bawean - Salatiga belum selesai namun akan difungsikan sebagai jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan. Ruas jalan ini juga nantinya akan dipasang penerangan maupun rambu-rambunya," ungkapnya.

    Saat ini, kata Danis, panjang jalan yang sudah difungsikan mencapai 17,53 km. Namun, hanya 15 km saja nantinya akan dibuka darurat untuk melayani pemudik dan arah bawean menuju salatiga. Hingga saat ini progres pengerjaan jalur mudik alternatif ruas Bawean - Salatiga dilakukan berupa wetlean concrete (WLC) sudah mencapai 98 persen.

    Selain itu, untuk memperlancat arus jalan di tol juga telah dilakukan integrasi sistem pembayaran tol untuk ruas tol Jakarta - Cikampek Utama, Palimanan, Cipularang dan Purbaleunyi. "Misalnya dari Jakarta sampai Brebes Timur, semula ada tujuh gerbang tol menjadi tiga yaitu di Cikarang Utama, Palimanan dan Brebes Timur," paparnya.

    Disamping itu, di jalan nasional juga ada jalan Lingkar Sumpiuh yang dapat menghindarkan pemudik dari kemacetan akibat perlintasan rel kereta api. Selain jalan sudah siap, ada juga beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khusus, seperti jembatan sipait yang mengalami pergantian struktur jembatan saat ini sudah dapat dilalui H - 6.

    Kemudian hal lain yang menjadi perhatian di jalur mudik kali ini adalah terjadinya banjir rob di Semarang Jawa Tengah, tepatnya di Kaligawe. Ia mengatakan prioritas penanganan rob di Semarang adalah pembuatan tanggul di mulut sungai. Penanganan rob hingga hari ini masih dikerjakan, termasuk 17 pompa portable Kementerian PUPR yang diletakan di beberapa titik. Selain itu juga ada 14 pompa kecil yang disewa Pemkot Semarang untuk menyedot air di perkampungan sekitarnya. "Karung dipasang di pinggir sungai sepanjang Pantura Terboyo. Selain itu pompa juga diaktifkan dengan pengawasan petugas," katanya

    Menurutnya, rob di Semarang diperkirakan akan memuncak pada 6 Juli 2016 atau saat hari Lebaran tiba. Hal ini berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang.


    Enam Toilet Cabin di Rest Area Jalan Tol.

    Kementerian PUPR juga mengirimkan enam unit toilet cabin (TC) dengan total 24 bilik di dalamnya dan dua unit hidran umum di 4 rest area jalan tol selama arus mudik dan balik lebaran 2016.

    Disamping itu, untuk arus mudik ke arah timur, tiga unit akan ditempatkan di KM 19 tol Jakarta - Cikampek dan tiga unit TC di KM 166 Cikopo - Palimanan yang siaga mulai 27 Juni s.d. 8 Juli 2016.

    Sedangkan saat arus balik, TC tersebut akan dipindahkan yaitu 3 unit TC dari KM 19 ke KM 62 Jakarta - Cikampek dan tiga unit TC yang semula KM 166 ke KM 164 Tol Cikopo - Palimanan, TC tersebut akan standby dari 9 - 14 Juli 2016.

    Menurut dia, dalam pengoperasiannya, persediaan air bersih dan penyaluran buang air kotor dapat di integrasikan dengan ketersediaan air bersih dan saluran pembangunan yang akan ada di masing-masing rest area tersebut. Disamping itu 12 personel akan disiagakan untuk mengoperasikan seluruh armada tersebut. (YDR).

    Keterangan Foto: Petugas memantau trafik di Regional Operation Center Telkom Regional V Jatim, Bali Nusra di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (1/7). Pemantauan tersebut bertujuan untuk memastikan pelayanan jaringan telekomunikasi tidak bermasalah selama Lebaran. (ANTARA FOTO).

    Berita Terkait

    Jelang Pilkada 2024, Wapres Minta Semua Pihak Jaga Nilai-nilai Demokrasi

    Apabila Pilkada dijalankan sebagaimana aturan yang ada dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, diharapkan prosesnya akan berjalan sesua Selengkapnya

    Presiden Tekankan Seluruh Pihak Kawal Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024

    Kepala Negara mengimbau seluruh jajaran KPU agar dapat menjalankan pemilu dengan sebaik-baiknya. Presiden menyebut semua hal harus dipastika Selengkapnya

    Presiden Minta Daerah Selesaikan Dua Masalah Besar

    Saat ini ada dua masalah besar yang berkaitan dengan investasi yang dihadapi daerah, salah satunya adalah masalah mengenai tata ruang atau K Selengkapnya

    Presiden Berduka atas Tragedi di Kanjuruhan, Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

    Secara khusus, Presiden meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA