FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 06-2016

    2255

    Gerakan Seribu Startup Digital Resmi Dimulai!

    Kategori Sorotan Media | Leonaldo.Nathanael

    Jakarta - Gerakan nasional pencarian seribu startup digital berkualitas di 10 kota Indonesia untuk memberikan solusi atas segala permasalahan yang ada di negeri ini akhirnya dimulai.

    Inisiatif gerakan yang dimotori oleh Kibar ini baru saja diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama dengan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (17/6/2016).

    Menurut Rudiantara, gerakan ini merupakan manifestasi semangat gotong royong di era digital, di mana seluruh unsur masyarakat mulai dari pelaku startup, kreator, komunitas, akademisi, media, dan pemerintah, bergerak bersama mengembangkan ekosistem dan mendorong terciptanya generasi baru yang mumpuni di bidang teknologi digital. 

    "Mari dukung gerakan ini dengan menyebarkan semangat, informasi, sekaligus terus ikut mendorong perubahan hingga menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia," kata menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut.

    Visi untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo, saat berkunjung ke Silicon Valley, California, Amerika Serikat, pertengahan Februari 2016 ini.

    Deklarasi itu tercetus mengingat industri digital di Indonesia punya potensi besar yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Saat ini ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. 

    Menurut Rudiantara, ini adalah modal besar bagi Indonesia untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis berbasis teknologi digital di Tanah Air. Volume bisnis e-commerce di Indonesia pun diprediksi olehnya akan mencapai USD 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50%. 

    Di sisi lain, salah satu faktor pendukung yang menentukan kemajuan sebuah negara adalah jumlah entrepreneur. Hingga Maret 2016 lalu, jumlah entrepreneur di Indonesia baru mencapai 1,65% dari total penduduk. 

    "Melihat fakta tersebut, kita sebenarnya memiliki peluang untuk menciptakan entrepreneur nation dengan memanfaatkan teknologi digital yang akan menjadikan kita tuan rumah di negara sendiri," lanjut Chief RA.

    Oleh karena itu, pemerintah Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, bekerja untuk menciptakan peta jalan e-commerce dan ekosistem industri teknologi digital yang terus berkembang dan berkesinambungan. 

    Sementara menurut Yansen Kamto, Chief Executive Kibar, Indonesia memiliki keberagaman budaya yang sangat kaya. Jika dipadukan dengan kekuatan teknologi digital, ini adalah modal besar untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas yang begitu unik. 

    "Mari kita berhenti bermimpi dan menolak terbuai dengan potensi. Ini saatnya kita beraksi. Saya mengajak anak muda Indonesia bergerak untuk ikut menentukan arah bangsa di era ekonomi digital," jelas Yansen.

    Di bawah komando Yansen, gerakan seribu startup digital ini akan dilaksanakan di 10 kota yakni, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. 

    "Tahap awal dari Juni sampai Agustus ini kami akan mulai di tiga kota terlebih dahulu, yakni Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Selebihnya mulai September kita akan geber di tujuh kota lainnya," pungkas Yansen.

    Di masing-masing kota ini akan didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya. 

    Pusat inovasi ini juga menyediakan co-working space di mana semua pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat setempat hingga berkembang menjadi solusi nasional.

    Sumber : http://inet.detik.com/read/2016/06/17/190459/3236195/398/gerakan-seribu-startup-digital-resmi-dimulai

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA