FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 02-2016

    5677

    Jokowi: UMKM Tulang Punggung Ekonomi RI & ASEAN

    Kategori Sorotan Media | Okta

    Metrotvnews.com, San Francisco: Ada dua prioritas yang perlu mendapatkan perhatian perhatian ASEAN dan Amerika Serikat (AS), yakni adalah kerja sama UMKM serta teknologi dan ekonomi digital.

    Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, di San Francisco, Selasa waktu setempat, seperti dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (17/2/2016).

    "UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Sekitar 88,8-99,9 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM, dan menyerap 51,7-97,2 persen tenaga kerja di ASEAN," beber dia.

    Di Indonesia, lanjut Jokowi, UMKM memiliki daya tahan tinggi yang mampu menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global.

    Jokowi menambahkan, UMKM kerap menghadapi tantangan, terutama dalam hal peningkatan kapasitas, akses modal dan pendanaan alternatif, akses teknologi, akses pasar global, serta integrasi mata rantai regional dan global.

    Oleh karena itu, Jokowi memandang perlunya kerja sama ASEAN-AS untuk memastikan adanya dukungan yang berkelanjutan bagi pengembangan dan ketahanan UMKM, khususnya dalam hal akses pasar dan alih pengetahuan dari perusahaan besar kepada UMKM.

    "Teknologi dan ekonomi digital adalah keniscayaan di era digitalisasi. Setiap pemerintah harus memastikan bahwa era ini membawa manfaat bagi rakyat, khususnya UMKM. UMKM harus mendapat akses terhadap teknologi dan ekonomi digital," tegas Jokowi.

    Indonesia memiliki visi menjadi negara digital ekonomi terbesar pada 2020. Oleh karenanya, Indonesia sangat mendukung kerja sama ASEAN-AS di bidang teknologi informatika, khususnya pemanfaatan ekonomi digital untuk umum.

    sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2016/02/17/485451/jokowi-umkm-tulang-punggung-ekonomi-ri-asean

    Berita Terkait

    Ekonomi Kreatif Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi

    REPUBLIKA.CO.ID, MANADO – Untuk ke sekian kalinya, Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Kegiatan Flash Desain setelah beberapa Selengkapnya

    Menkominfo Paparkan Penguatan Ekonomi Digital Asean

    Jakarta - Dewan Penasihat Forum Digital ASEAN telah memfasilitasi proses konsultasi untuk menyusun tujuan digital bersama yang membutuhkan k Selengkapnya

    Kominfo Dorong Pengembangan Ekonomi Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta para pelaku industri telekomunikasi, jasa logistik dan penyiaran untuk meningkatkan sinergi d Selengkapnya

    Jusuf Kalla Dorong Pengembangan Ekonomi Digital di KTT G20

    Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong para pemimpin G20 untuk mengembangkan ekonomi digital dengan memanfaatkan perkembangan teknol Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA