FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    30 11-2015

    3101

    Tiba di Paris, Presiden Jokowi Siap Sampaikan Kontribusi Indonesia Pada Perubahan Iklim

    Kategori Rilis Media GPR | mth

    Setelah bermalam di Paris, Presiden memulai kegiatannya di Conference of Parties (COP) 21 atau Paris Climate Conference. Acara pertama yang diikuti Presiden adalah Upacara Pembukaan Leaders atau Welcoming of Leaders of COP 21 CMP 11 yang dilaksanakan di Parc des Expositions du Bourget. 

    Saat tiba di lobi, Presiden Jokowi akan disambut Presiden Perancis François Hollande dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon. Tidak lama setelah itu, setelah kehadiran semua Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan dilaksanakan foto bersama.

    Presiden Jokowi akan menyampaikan penyataan pada Sesi Pernyataan Kepala Negara/Pemerintahan. ‎Dalam sesi tersebut, Peesiden akan menyampaikan dukungan penuh Indonesia bagi keberhasilan COP21 sekaligus dukungan moral pada Perancis ditengah aksi terorisme yang melanda Perancis belum lama ini. 

    Presiden juga menyampaikan kontribusi Indonesia dalam isu perubahan iklim, terutama dalam mendorong terealisasinya secara penuh prinsip common but differentiated responsibility. 

    Hal ini penting agar negara berkembang dapat berkontribusi lebih besar dalam isu perubahan iklim.‎ "Kita memberikan dukungan politik, sama seperti konferensi sebelumnya, komitmen, karena kita berada pada posisi yang tepat 17 ribu pulau, kalau terjadi kenaikan permukaan air laut," kata Presiden di Bandara Halim Perdanakusuma‎, Minggu pagi, 29 November 2015.

    Selain itu, Di sela-sela pelaksanaan konferensi di hari pertama ini, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Serbia Tomislav Nikolic, Perdana Menteri Kerajaan Norwegia Erna Solberg, Perdana Menteri Kerajaan Belanda Mark Rutte, dan Presiden Peru Ollanta M. Humala Tasso.

    Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk menghadiri Forest Event yang digagas oleh Norwegia, Inggris, dan Peru serta dijadwalkan pula untuk menghadiri Mission Innovation Event. Sebelum meninggalkan Perancis untuk kembali ke tanah air, menurut rencana, Presiden juga akan meninjau Paviliun Indonesia di area pelaksanaan UNFCCC COP21.

     

    Tim Komunikasi Presiden

    Ari Dwipayana

    Berita Terkait

    Profil Aksi Mitigasi Karbon Biru Lamun Solusi Atasi Perubahan Iklim

    Menteri Trenggono menyampaikan bahwa sebagai pemilik 17 persen cadangan karbon biru dunia, Indonesia memiliki peluang besar memanfaatkan eko Selengkapnya

    Gelar KTT di Bali, Ini Kerja Sama yang Diusung AIS Forum

    AIS Forum juga dikatakannya akan membagikan solusi-solusi sederhana yang inovatif dan sudah terbukti sukses di satu wilayah. Selengkapnya

    KTT AIS Forum Kesempatan Indonesia Optimalkan Potensi Laut

    Ismail pun mengakui jika Jakarta mempunyai potensi kelautan, tetapi belum maksimal dieksplorasi. Maka itu Pemprov DKI diharapkan banyak bela Selengkapnya

    KTT AIS Forum Jadi Kontribusi Indonesia Menangani Isu Kelautan Global

    Sepanjang sejarah Indonesia terus berperan aktif dalam kancah diplomasi terkait dengan isu-isu kelautan global melalui keikutsertaannya dala Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA