FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 11-2015

    3665

    Presiden: Praktisi Humas Harus Membangun Narasi Positif

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Praktisi kehumasan di seluruh Indonesia hendaknya tidak sebatas mengelola informasi, melainkan ikut membangun narasi-narasi yang menarik hati, bermakna, berkarakter dan memuat nilai-nilai. 

    Presiden yakin anggota Perhumas memiliki kemampuan dalam merancang narasi-narasi yang memberi sumbangsih pada pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia yang lebih positif, produktif dan kreatif. “Narasi-narasi yang dapat mencerahkan, menghibur, dan menggerakkan rakyat,” kata Presiden saat membuka Konvesi Nasional Humas 2015 di Jakarta, Rabu(18/11).

    Presiden Jokowi menyambut baik pelaksanaan konvensi nasional humas kali ini yang mengusung tema “Jalan Berkelanjutan menuju Kepercayaan dan Reputasi”. Kepercayaan merupakan hal penting bagi pemerintah maupun swasta. Membangun kepercayaan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, namun bisa lenyap dalam sekejap mata dengan hilangnya kepercayaan.

    Saat ini, Indonesia tengah mengalami transformasi media. Saluran media semakin beragam. Perkembangan sosial media pun semakin pesat dan menyebabkan arus informasi kini bersifat real time dan cepat berubah.  

    Presiden Jokowi kemudian mencontohkan kecepatan arus informasi dengan menanyakan informasi yang kini tengah ramai di media sosial. “Paling ramai apa? Papa minta pulsa diganti papa minta saham,” seloroh Presiden yang disambut tepuk tangan peserta.  

    Presiden mengingatkan fenomena transformasi media ini perlu dicermati dengan bijak, mengingat siapapun bisa membuat web dan berita. "Sehingga, kadang kita tidak tahu mana yang benar. Demikian pula arus informasi di sosial media. Banyak yang benar, banyak juga yang menyebar kebencian dan menggiring pada konflik kepentingan tertentu dan akhirnya bisa menyebabkan konflik horisontal karena bingkai kepentingan yang beragam. Sebagai PR yang tidak tajam, kita bisa salah menggiring opini,” kata Presiden.   

    Pada saat bersamaan, menurut Presiden, tuntutan publik semakin kritis sehingga tuntutan dialog dan transparansi juga semakin kuat. Dalam konteks era sosial media seperti sekarang ini, kepercayaan harus dibangun dengan cara komunikasi dialogis. Bukan lagi monolog, satu arah, tapi dialog.

    Presiden mengakui dialog membutuhkan kesabaran. Namun, kata Presiden, hanya dengan dialog bisa mendengar keinginan orang lain, menghormati dan mengakui keberadaannya, serta dapat membangun kepercayaan satu sama lain.

    Di pengujung sambutannya, Presiden mengajak para peserta melalui praktik kehumasan untuk bersama merawat kepercayaan, sikap positif, optimis, dan produtif bangsa Indonesia.

    Sumber: Infopublik

    Berita Terkait

    Presiden Tinjau Arus Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen

    Dalam kunjungannya, Presiden melihat secara langsung kesiapan infrastruktur serta manajemen pelaksanaan mudik yang terpantau baik. Selengkapnya

    Presiden Berbuka Puasa Bersama dengan Menteri Kabinet Indonesia Maju

    Ini merupakan buka puasa bersama yang digelar kembali di Istana setelah terakhir digelar pada tahun 2019 lalu. Selengkapnya

    Wapres Dukung Program Satu Juta Penyuluh Kemitraan UMKM Berbasis Syariah

    Wapres meminta KPPU untuk membenahi segala hal yang dapat mengganggu kelancaran proses kerja. Selengkapnya

    Presiden Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal Jelang Lebaran

    Presiden menekankan bahwa pada tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau menin Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA