FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 04-2024

    188

    Wamen Nezar Patria dan Dubes Korsel Bahas AI Global Forum 2024

    SIARAN PERS NO. 272/HM/KOMINFO/04/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 272/HM/KOMINFO/04/2024

    Jumat, 19 April 2024

    tentang

    Wamen Nezar Patria dan Dubes Korsel Bahas AI Global Forum 2024

    Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Lee Sang-Deok. Pertemuan itu membahas rencana penyelenggaraan Artificial Intelligence (AI) Safety Summit 2024 dan AI Global Forum 2024.

    Wamen Nezar Patria menyatakan Indonesia akan mengirimkan delegasi untuk AI Safety Summit 202 dan AI Global Forum 2024 yang akan berlangsung di Seoul, Korsel.

    "Kami akan menghadiri AI Summit 2024 untuk melanjutkan pembahasan dalam AI Summit sebelumnya di London tahun lalu," jelasnya dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo Jakarta Pusat, Jumat (19/04/2024).

    Wamenkominfo menjelaskan usai pelaksanaan AI Summit 2023, Pemerintah Indonesia telah banyak berdiskusi dengan Pemerintah Inggris mengenai keamanan AI dan regulasi AI yang di Indonesia telah diterbitkan dalam bentuk Panduan Etika AI.

    “Kami berharap regulasi ini dapat memberikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia memberikan komitmen dan perhatian besar dalam isu etika AI global,” ungkapnya. 

    Wamen Nezar Patria menjelaskan AI Safety Summit dan AI Global Forum akan berlangsung pada tanggal 21 s.d. 22 Mei 2024. Menurutnya, Menkominfo Budi Arie Setiadi akan menghadiri langsung agenda Ministrial Meeting.

    "Menkominfo dan saya akan hadir di Seoul, Korea Selatan untuk menghadiri acara ini," ujarnya.

    Rencana kehadiran Delegasi Indonesia merupakan bagian dari komitmen untuk meningkatkan kerja sama digital, terutama yang berkaitan dengan penyusunan Tata Kelola Global AI.

    Sebelumnya, Pemerintah Indonesia menjadi bagian dalam pembahasan  Interim Report: Governing AI for Humanity yang diterbitkan UN High-Level Advisory Body on AI. Sementara di tingkat ASEAN, Indonesia juga ikut dalam perumusan ASEAN Guide on AI Governance and Ethics 2024 yang mengandung prinsip-prinsip dan usulan kerangka Tata Kelola AI yang tidak mengikat bagi negara-negara anggota ASEAN. 

    Dalam pertemuan dengan Dubes Korsel untuk Indonesia, Wamenkominfo Nezar Patria didampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan dan Staf Khusus Menteri Kominfo Dedy Permadi.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 359/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Presiden Arahkan Satgas Judi Online Tunjukkan Kerja Nyata

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan Presiden Joko Widodo menekankan agar hasil kerja satuan tugas konkret dan berdampak kepada masyaraka Selengkapnya

    Siaran Pers No. 355/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Lewat Peringatan ke-116 Harkitnas, Tatap Masa Depan dengan Optimisme

    Indonesia telah memiliki modal berupa bonus demografi dan tingkat penetrasi internet yang tinggi yaitu mencapai 79,5 persen dari total popul Selengkapnya

    Siaran Pers No. 354/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Indonesia dan Filandia Jajaki Kerja Sama Digitalisasi

    Menurut Menkominfo, kolaborasi dengan Finlandia merupakan pilihan tepat dalam mendukung perkembangan teknologi di Indonesia ke depan. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 353/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Kebangkitan Menuju Indonesia Emas 2045, Penguasaan Teknologi Jadi Keniscayaan

    Perkembangan teknologi digital telah berkembang pesat melebihi bayangan banyak orang dalam tiga dekade terakhir. Menurutnya, kemajuan teknol Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA