FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 04-2024

    115

    Menteri Budi Arie Ajak Tanamkan Optimisme Jadi Negara Maju

    SIARAN PERS NO. 266/HM/KOMINFO/04/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 266/HM/KOMINFO/04/2024

    Kamis, 18 April 2024

    tentang

    Menteri Budi Arie Ajak Tanamkan Optimisme Jadi Negara Maju

    Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengajak anak muda untuk menanamkan rasa optimis agar bisa menjadikan Indonesia sebagai negara maju. 

    Menurutnya, CEO Apple Tim Cook memiliki optimisme yang sangat tinggi dalam melakukan investasi di Indonesia karena memiliki potensi menjadi negara maju di masa depan.  

    "Beliau optimis melihat Indonesia negara yang betul-betul memiliki krakter budaya yang khas, kuat, masyarakatnya optimis, kondisi demografi kita yang isinya 65% adalah generasi muda. Ini kan negara masa depan. Karena itulah kita juga meyakinkan kepada seluruh pemain-pemain global untuk berinvestasi di Indonesia," ungkapnya dalam Dialog Live CNN Bisnis dan Referensi secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (18/04/2024). 

    Menteri Budi Arie menekankan perusahaan teknologi global meyakini jika Indonesia akan menjadi negara maju di masa depan. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia juga harus lebih optimistis. 

    “Harusnya kita sebagai anak bangsa juga lebih optimis lagi. Kita akan bisa menjadi negara maju dan menjadi bagian penting dari global supply chain untuk produk-produk teknologi,” tandasnya.

    Menurut Menkominfo ada banyak dampak investasi perusahaan teknologi global antara lain transfer teknologi, pembukaan lapangan kerja dan mengembangkan inovasi. 

    “Terus terang akan berdampak banyak, baik transfer teknologi, pembukaan lapangan kerja dan juga memberikan berbagai inovasi dan kreativitas dari generasi muda kita," tuturnya.

    Oleh karena itu, Pemerintah juga mendorong Apple membangun pusat inovasi teknologi digital bekerja sama dengan minimal tiga kampus di Indonesia. Selama ini, menurut Menteri Budi Arie, Apple Developer Academy yang dapat meningkatkan kapasitas developer muda Indonesia.  

    "Kita mengapresiasi Apple yang membangun Apple Developer Academy untuk pengembang atau developer muda. Apple Developer Academy memberi kesempatan kepada talenta muda Indonesia untuk berkreasi menciptakan berbagai aplikasi,” ungkapnya.

    Menkominfo juga mendorong talenta muda Indonesia memanfaatkan peluang pendidikan itu untuk  mengembangkan kreativitas dan memberi nilai tambah kemajuan teknologi di masa depan. Bahkan, menurutnya keberadaan akademi itu akan mendukung Program Digital Talent Scholarship yang dikembangkan Kementerian Kominfo.

    "Saya sudah mengunjungi Apple Developer Academy yang di BSD di Tangerang Selatan karena metode belajar mereka itu Short Course yaitu sekitar 9 bulan dan basis pendidikannya itu challenge basic learning itu yang tantangan berkreasi menciptakan berbagai aplikasi yang bisa digunakan dalam kehidupan masyarakat baik ekonomi, sosial dan sebagainya," jelasnya.

    Kemarin, Rabu (17/04/2024), Presiden Joko Widodo bertemu dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Selain membahas potensi kerja sama untuk meningkatkan peran Indonesia dalam rantai pasokan global, dalam pertemuan tersebut Presiden menawarkan peluang investasi di Ibu Kota Nusantara bagi perusahaan teknologi global itu.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 349/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Menkominfo: Media Center World Water Forum ke-10 Siap Layani Pekerja Media

    Saat ini media center sudah siap untuk digunakan oleh pekerja media yang turut menyukseskan forum internasional sektor air yang melibatkan b Selengkapnya

    Siaran Pers No. 348/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Bangun Indonesia Sentris, Menteri Budi Arie: Perlu Pemerataan Talenta Digital

    Menteri Budi Arie menekankan pendekatan Indonesia Sentris dalam sektior digital perlu dilakukan untuk pemerataan talenta digital agar kemaju Selengkapnya

    Siaran Pers No. 347/HM/KOMINFO/05/2024 tentang Siapkan Talenta Digital, Kominfo Percepat Peralihan STMM ke Politeknik Digital

    Transformasi dari sekolah tinggi menjadi politeknik nantinya juga sebagai pusat kolaborasi bersama para mitra dan stakeholders. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 346/HM/KOMINFO/05/2024 tentang IDTH Bantu Pelaku Industri Kembangkan Ekspor Perangkat Telekomunikasi

    Melalui layanan pengujian perangkat yang menyeluruh IDTH, Kementerian Kominfo berupaya memastikan setiap perangkat yang beredar di pasar tel Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA