FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 03-2024

    167

    Kominfo Siapkan Markas Aceh Jadi Pusat Kreatif Digital Milenial

    SIARAN PERS NO. 240/HM/KOMINFO/03/2024
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 240/HM/KOMINFO/03/2024

    Kamis, 28 Maret 2024

    tentang

    Kominfo Siapkan Markas Aceh Jadi Pusat Kreatif Digital Milenial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun Markas Startup Digital untuk mendorong kalangan milenial dan Gen Z mengembangkan usaha rintisan atau startup. Wamenkominfo Nezar Patria menyatakan salah satu bagian dari Program Gerakan 1000 Startup itu menjadi pusat kreatif digital.

    “Hari ini kita bikin satu acara launching Markas Startup Digital di Aceh yang kita sebut semacam kreatif center buat Milenial dan Gen Z yang punya perhatian, interest, dan juga semangat untuk mengembangkan usaha startup,” ungkapnya usai meluncurkan Markas Startup Digital di Kota Banda Aceh, Aceh, Kamis (28/03/2024).

    Wamen Nezar Patria menjelaskan Kementerian Kominfo memberikan dukungan penuh pembentukan Markas di berbagai daerah. Saat ini Markas telah beroperasi di Jakarta, Surabaya, dan Banda Aceh yang baru saja dilakukan peluncuran.

    “Tujuan Markas adalah untuk mengakselerasi transformasi digital dan bagaimana teknologi digital bisa dipakai sebagai enabler, sebagai penguat atau pemberdayaan dalam proses-proses bisnis yang dilakukan oleh usaha rintisan,” tuturnya.

    Menurut Wamenkominfo, Markas akan menyediakan kelas dan pelatihan untuk mengelola usaha rintisan hingga memberikan beasiswa melalui Program Digital Talent Scholarship (DTS) bagi pelaku bisnis yang ingin mendalami pengetahuan maupun berbagi pengalaman dalam forum akademik. 

    “DTS ini ada program jangka panjang, jangka pendek bahkan juga bisa sampai program master selain yang short course. Jadi ada banyak pilihan misalnya yang ingin mendalami digital marketing, artificial intelligence, data scientist, blockchains dan cloud computing semua bisa ikutan di DTS,” jelasnya.

    Wamen Nezar Patria menjelaskan dukungan lain melalui Program Digital Leadership Academy (DLA) yang diperuntukkan bagi pimpinan dan CEO baik lingkup privat maupun publik.

    “Digital Leadership Academy adalah satu program yang kita sebut sebagai kepemimpinan digital. Pentingnya pendidikan ini adalah agar para pimpinan organisasi, perusahaan, lembaga bisa mempunyai wawasan digital, mempunyai semacam digital insight bagaimana memanfaatkan teknologi untuk memberikan solusi atas persoalan-persoalan yang muncul,” ungkapnya.

    Dalam kegiatan launching Markas Startup Digital Aceh, Wamenkominfo Nezar Patria didampingi Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto. 

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id
     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 307/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Komitmen Investasi Rp28 T, Menteri Budi Arie: Microsoft Kembangkan AI dan Cloud di Indonesia

    Menurut Menteri Budi Arie, komitmen investasi Microsoft menjadi angin segar bagi pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital khususnya te Selengkapnya

    Siaran Pers No. 306/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Perkuat Transformasi Digital, Indonesia Galang Kerja Sama Perusahaan Global

    Perusahaan teknologi global memungkinkan penguatan dalam aspek infrastruktur dan sumberdaya manusia. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 305/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Dampingi Presiden Terima Kunjungan CEO Microsoft, Menkominfo: Bahas Eksosistem Teknologi

    Menurut Menteri Budi Arie kerja sama pengembangan sumberdaya manusia akan difokuskan pada peningkatan jumlah dan kompetensi talenta digital Selengkapnya

    Siaran Pers No. 302/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Kembangkan Infrastruktur Hijau, Kominfo Bangun Kota Cerdas dan PDH

    Saat ini Kementerian Kominfo telah mengembangkan program kota cerdas atau smart city dan pembangunan Pusat Data Hijau (PDH). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA