FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 03-2024

    357

    Awas Hoaks! Video Tips Ketahui Tingkat Kejantanan Pria

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan video di media sosial Facebook berisi klaim bahwa tingkat kejantanan pada pria dan jumlah hormon kesuburan pada pria dapat dilihat dari "bulan sabit" atau lunula yang ada pada kuku pria.

    Konon, dalam video tersebut dijelaskan pria dikatakan jantan atau memiliki hormon kesuburan tinggi apabila lunula terdapat pada ibu jari tangan saja, tanpa ada di jari lain.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim dalam video tersebut tidak benar.  Fakta ini terverifikasi dengan adanya laporan, ilansir dari tempo.co.  Pengajar Prodi Dokter Spesialis-1 Andrologi, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya Agustinus menyatakan belum ada penelitian yang menunjukkan hubungan antara lunula dengan hormon reproduksi pria seperti testosteron, stimulan folikel (FSH), luteinizing (LH), dan prolaktin.

    Dilansir pula dari cdnsciencepub.com, Canadian Journal of Physiology and Pharmacology pernah menerbitkan jurnal tentang penurunan testosteron terkait usia bisa dideteksi dari kuku pria.  Akan tetapi, untuk mengukurnya perlu digunakan alat Enzyme Immuno Assay (EIA) untuk mendeteksi serta mengukur zat tertentu menggunakan reaksi imunologis.  Tidak hanya dengan melihat lunula pada kuku.

    Berikut laporan harian isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kemenerian Kominfo, Senin (25/03/2024):

    1. [HOAKS] Video Cara Mengetahui Tingkat Kejantanan dan Jumlah Hormon Kesuburan Melalui Kuku
    2. [HOAKS] Ombak Ganas Menerjang Sulawesi Utara
    3. [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar
    4. [HOAKS] Video Istana Negara Rata Dengan Tanah Ternyata Sri Mulyani Temukan Dokumen Ini
    5. [HOAKS] Gedung Bawaslu Dibakar Massa karena Tolak Hasil Pemilu 2024
    6. [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Kotawaringin Timur

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Video Layanan Detoksifikasi Vaksin Covid-19

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks Lowongan Pekerjaan Online!

    Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Give Away DPKP Kota Bandung

    Pemerintah Kota Bandung mengimbau masyarakat agar tidak menanggapi dan berhati-hati terhadap akun yang mengatasnamakan DPKP Kota Bandung. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Antre Panjang di Pelabuhan Gilimanuk Awal April 2024

    Fakta dari akun Instagram resmi @poldabali klaim video antrean panjang itu hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA