FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 02-2024

    1406

    Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2024

    Kategori Pengumuman | mth

    Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2024

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2024. Lomba ini merupakan partisipasi Indonesia dalam 53rd International Letter-Writing Competition for Young People 2024 yang diselenggarakan oleh Universal Postal Union (UPU). Acara ini telah dimulai dari tanggal 13 Februari hingga 7 Maret 2024.

    Sejak tahun 1971, UPU telah mendorong para penulis muda berusia 9-15 tahun untuk menulis surat dengan tema tertentu dan memenangkan hadiah menarik. Kompetisi ini adalah cara yang sangat tepat untuk membuat para generasi muda menyadari peran penting layanan pos dalam masyarakat.

    Sekretariat UPU, Biro Internasional, memilih tema  tertentu setiap tahun. Tahun 2024, tema lomba menulis surat:  "Pada usia ke-150 tahun, UPU telah melayani masyarakat di seluruh dunia selama lebih dari delapan generasi. Dunia telah banyak berubah sejak saat itu. Tulislah surat kepada generasi mendatang tentang dunia yang Anda harapkan untuk mereka warisi.”

    Tema ini merupakan adopsi dari tema lomba yang diselenggarakan UPU yaitu "At 150 years old, the UPU has served people around the world for more than eight generations. The world has changed enormously since then. Write a letter to future generations about the world you hope they inherit."

    Tema tersebut mendorong generasi muda untuk mengungkapkan pemikiran mereka mengenai tantangan global dan menawarkan solusi inovatif, sejalan dengan Agenda Bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa. Selain itu, juga untuk memperkuat solidaritas antargenerasi dalam membangun masa depan berkelanjutan, serta memungkinkan generasi muda untuk merangkul prinsip-prinsip Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, untuk memberikan panduan visi tentang dunia yang lebih baik.

    Sebagai referensi, tulisan pemenang lomba tahun-tahun sebelumnya dapat dilihat melalui website UPU: www.upu.int. Ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi sobat DJPPI untuk menyusun surat dengan lebih baik.

    Bagi sobat DJPPI yang tertarik untuk mengikuti lomba ini, formulir pendaftaran dapat diakses melalui laman Brosur & Formulir Data Diri Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2024.

    Informasi lebih lanjut dapat hubungi kontak di bawah ini:

    1. Fifik : 081295990654
    2. Effry N : 081295990651

    Melalui lomba ini, Kementerian Kominfo berharap generasi muda Indonesia dapat berperan aktif dalam menyampaikan pesan-pesan penting kepada dunia, memperkuat ikatan persahabatan internasional, serta menginspirasi kolaborasi global untuk menciptakan solusi-solusi inovatif, sehingga dapat menjadi agen perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

    Berita Terkait

    Pengumuman Pemenang Lomba Desain Prangko Nasional (LDPN) Tahun 2021

    Selengkapnya

    Lomba Desain Prangko Nasional (LDPN) Tahun 2021

    Direktorat Pos, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Lomba Desain Prangko Nasional Tahun 2021 (LDPN 2021). K Selengkapnya

    Nominasi Pemenang Lomba Menulis Surat untuk Kartini Tahun 2021

    Panitia Lomba Menulis Surat Untuk Kartini “Ceritaku Tentang Bagaimana Aku Belajar, Bermain dan Berkarya di Era Digital” telah menerima t Selengkapnya

    Lomba Menulis Surat untuk Kartini

    Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Kementerian Kominfo mengajak sobatkom untuk mengikuti kompetisi menulis surat dengan tema "Ceritaku Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA