FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 02-2024

    300

    Evaluasi Pelaksanaan VSGA 2019-2023

    Kategori Laporan Kinerja | helm003

     

    Untuk menghadapi tantangan lapangan kerja digital, sejak tahun 2008 Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengembangkan program-program  pelatihan dan sertifikasi kompetensi tenaga kerja di sektornya. Salah satunya yaitu Vocational School Graduate Academy (VSGA), yang dikembangkan dalam skema program yang diberi nama merek Digital Talent Scholarship (DTS). Program VSGA- DTS yang dilaksanakan sejak tahun 2019 dirancang untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika (Kominfo) yang memiliki produktivitas tinggi dan berdaya saing melalui pelatihan dan sertifikasi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

    Saat ini, setelah lima tahun dilaksanakan, dirasakan perlu untuk dilaksanakan kajian tentang Pemanfaatan SKKNI pada Program VSGA. Kajian yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Tim Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional ini bertujuan: (1) Menghasilkan gambaran komprehensif tentang penyelenggaraan Program dan pemanfaatan SKKNI dalam penyelenggaraan Program VSGA selama 5 tahun terakhir, yakni mulai tahun 2019 hingga 2023; (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi sumber kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap pemanfaatan SKKNI dalam penyelenggaraan Program VSGA; (3) Merumuskan usulan konsep strategi dalam pengembangan Program VSGA ke depan.

     

    Sinopsis

    Evaluasi Pelaksanaan VSGA 2019-2023 merupakan terbitan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang mengemas ringkasan informasi tentang hasil pelaksanaan program pelatihan dan sertifikasi pada Vocational School Graduate Academy (VSGA) dalam rentang waktu 5 tahun. Hasil evaluasi yang dituangkan dalam bentuk kajian bersama antara Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Tim Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan gambaran komprehensif tentang penyelenggaraan Program VSGA dan pemanfaatan SKKNI dalam penyelenggaraan Program VSGA selama 5 tahun terakhir, yakni mulai tahun 2019 hingga 2023; (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi sumber kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman terhadap pemanfaatan SKKNI dalam penyelenggaraan Program VSGA; (3) Merumuskan usulan konsep strategi dalam pengembangan Program VSGA ke depan. Buku ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan bahan referensi tentang kebermanfaatan SKKNI sebagai acuan dalam penyelenggaraan pelatihan vokasi dalam bidang komunikasi dan informatika di Indonesia

     

    Dokumen Evaluasi Pelaksanaan VSGA 2019-2023, dapat diunduh melalui tautan berikut : https://s.id/EvaluasiVSGA

    Berita Terkait

    SOROTAN MEDIA